Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Indonesia Menyerang dan Bertahan dengan 10 Pemain

By Anju Christian Silaban - Rabu, 2 November 2016 | 19:00 WIB
Pelatih Alfred Riedl (tengah) bersama dua asistennya, Wolfgang Pikal (kiri) dan Hans-Peter Schaller (kanan), memimpin sesi latihan di Lapangan Sekolah Pelita Harapan, Karawaci, Selasa (1/11/2016).
HERKA YANIS PANGARIBOWO/BOLA/JUARA.NET
Pelatih Alfred Riedl (tengah) bersama dua asistennya, Wolfgang Pikal (kiri) dan Hans-Peter Schaller (kanan), memimpin sesi latihan di Lapangan Sekolah Pelita Harapan, Karawaci, Selasa (1/11/2016).

 Asisten pelatih tim nasional Indonesia, Hans-Peter Schaller, membahas taktik untuk Piala AFF dalam obrolan santai dengan wartawan di Hotel Yasmin, Karawaci, Selasa (2/11/2016).

Dikatakan sosok asal Austria itu, selama training camp (TC) para pemain ditekankan agar tidak terpaku kepada sistem atau formasi.

Sebab, Alfred Riedl sebagai pelatih kepala berniat membebankan tugas menyerang dan bertahan kepada semua pemain non-kiper.

"Jadi, kami bisa bermain dengan 10 penyerang atau 10 pemain bertahan," kata Hans-Peter.

Sepuluh pemain tersebut juga diminta untuk tidak terlalu jauh satu sama lain. Tujuannya, ketika menguasai bola, para pemain lebih mudah melakukan kombinasi.

Skenario tersebut juga disiapkan ketika tim kehilangan bola atau tengah berusaha merebut bola.

"Seorang pemain bisa saja melakukan kesalahan dengan kehilangan bola. Namun, hal itu tidak menjadi masalah karena pemain yang berada di dekatnya siap memberikan tekanan," tutur Hans-Peter.

Baca Juga:

Tekanan memang menjadi tuntutan utama kepada pemain ketika hendak mengambil alih bola dari lawan. Hal tersebut telah dibuktikan saat Indonesia menang 3-0 atas Malaysia, 6 September 2016.

Dua dari tiga gol Indonesia berawal dari kesuksesan pemain depan memberikan tekanan dan memanfaatkan kesalahan pertahanan lawan.


Editor :
Sumber : -


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X