Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Jordan Henderson Gantikan Wayne Rooney sebagai Kapten Inggris

By Beri Bagja - Selasa, 11 Oktober 2016 | 07:57 WIB
Aksi gelandang Inggris, Jordan Henderson (tengah), di antara kawalan dua pemain Malta dalam laga Kualifikasi Piala Dunia 2018 di Wembley, London, 8 Oktober 2016.
LAURENCE GRIFFITHS/GETTY IMAGES
Aksi gelandang Inggris, Jordan Henderson (tengah), di antara kawalan dua pemain Malta dalam laga Kualifikasi Piala Dunia 2018 di Wembley, London, 8 Oktober 2016.

Jordan Henderson (26) akan menjabat sebagai kapten timnas Inggris saat mereka bertandang ke Slovenia, Selasa (11/20/2016). Henderson menggantikan peran Wayne Rooney (30), yang didemosi ke bangku cadangan.

Manajer interim Inggris, Gareth Southgate, mencoret Rooney dalam susunan starter nanti karena kebutuhan taktik.

Konon, keputusan Southgate bukan didasarkan atas performa Rooney yang memancing kritik keras dari publik Inggris karena dinilai buruk.

Akan tetapi, pemain Manchester United itu secara pribadi mengakui dirinya sedang dalam sorotan tajam.

"Saya tak menyanggah performa saya sedang memasuki periode sulit. Saya duduk di bangku cadangan untuk klub dalam beberapa laga terakhir, tapi hal itu bagian dari sepak bola," ucap Rooney, dikutip BBC Sport.


Wayne Rooney (kiri) dan Jordan Henderson bersalaman seusai Inggris dikalahkan Islandia dalam laga babak 16 besar Piala Eropa di Allianz Riviera Stadium, Prancis, 27 Juni 2016.(LARS BARON/GETTY IMAGES)

Keputusan mencadangkan Rooney diambil Southgate karena dia ingin melakukan perubahan dalam skema permainan tim.

Sang pelatih berharap hal itu berjalan lebih baik dari performa Inggris saat menekuk tim kurcaci, Malta, dengan skor 2-0 (8/10/2016).

"Saya telah bermain 13 tahun secara nonstop untuk Inggris dan memberikan segalanya. Saya pernah mengalami saat ketika nama saya bukan tercantum di daftar pemain utama".

Wayne Rooney, kapten Inggris

"Tidak mudah mengambil keputusan ini karena saya menghormati Rooney sebagai kapten tim," kata Southgate soal nasib top scorer sepanjang masa Inggris dengan 53 gol tersebut.

Dengan ban kapten akan melayang ke lengan Henderson untuk laga di Slovenia, Rooney tak sungkan memuji gelandang Liverpool FC itu.

"Saya pikir Jordan adalah pemimpin yang fantastis. Dia mengambil alih tugas sulit dari kapten Liverpool sebelumnya, Steven Gerrard. Jordan layak mendapat kesempatan menjadi kapten Inggris," kata Rooney.


Editor : Beri Bagja
Sumber : Berbagai sumber


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X