Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Tugas Lopetegui Membangkitkan Kembali Timnas Spanyol

By Kamis, 6 Oktober 2016 | 20:17 WIB
Pelatih tim nasional Spanyol, Julen Lopetegui, mendengarkan pertanyaan wartawan saat konferensi pers di Las Rozas Football City, Madrid, 26 Agustus 2016.
PIERRE-PHILIPPE MARCOU/AFP
Pelatih tim nasional Spanyol, Julen Lopetegui, mendengarkan pertanyaan wartawan saat konferensi pers di Las Rozas Football City, Madrid, 26 Agustus 2016.

Revitalisasi alias membangkitkan kembali kekuatan tim nasional Spanyol adalah tugas yang dibebankan kepada Julen Lopetegui. Pengalaman Lopetegui menangani skuat junior La Furia Roja disebut menjadi modal berharga untuk mengembalikan kekuatan Spanyol.

Penulis: Sem Bagaskara

Tampil sebagai mentor bagi pesepak bola muda bukan hal baru bagi Lopetegui. Ia pernah menangani skuat Spanyol U-19, U-20, dan U-21.

Pengabdiannya diwarnai prestasi. Ia mengantar Spanyol menjuarai Euro U-19 pada 2012 dan Euro U- 21 setahun berselang.

Pengalaman itu disebut menjadi keuntungan karena beberapa eks anak didik Lopetegui di skuat U-19 maupun U-21 kini mulai naik kelas ke skuat senior.

Paco Alcacer (Barcelona), yang pernah diandalkan Lopetegui di tim U-19, masuk tim saat La Furia Roja melakoni uji coba versus Belgia dan partai Kualifikasi Piala Dunia 2018 versus Liechtenstein awal September silam.

Namun, menjelang sepasang duel Kualifikasi Piala Dunia 2018 melawan Italia (6/10) dan Albania (9/10), tak ada lulusan skuat U-19 arahan Lopetegui yang masuk skuat senior.

Lopetegui sepertinya lebih "cinta" kepada mantan anak didiknya di tim U-21 yang menjuarai Euro pada 2013.

Dalam dua laga pertama menukangi Spanyol, yakni melawan Belgia dan Liechtenstein, Lopetegui memanggil David De Gea, Thiago Alcantara, Koke, Alvaro Morata, Marc Bartra, dan Daniel Carvajal.


Editor : Weshley Hutagalung
Sumber : Tabloid BOLA No. 2.704


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X