Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Cara Zidane supaya Tak Ditendang Lawan

By Ade Jayadireja - Rabu, 21 September 2016 | 05:42 WIB
Zinedine Zidane (kedua dari kanan) saat melakukan perayaan kesuksesan memenangi gelar Liga Champions 2002 bersama pemain Real Madrid di Glasgow.
KAZUHIRO NOGI/AFP
Zinedine Zidane (kedua dari kanan) saat melakukan perayaan kesuksesan memenangi gelar Liga Champions 2002 bersama pemain Real Madrid di Glasgow.

Semasa jadi pemain, Zinedine Zidane melakukan berbagai cara untuk menyempurnakan diri. Salah satu upaya yang ia lakukan adalah latihan bareng Claude Makelele.

Makelele dan Zidane adalah rekan setim ketika di Real Madrid. Kesamaan kewarganegaraan (Prancis) membuat hubungan keduanya semakin erat.

Makelele lebih dulu tiba di Madrid, yakni pada 2000. Satu tahun berselang, giliran Zidane yang mendarat di Santiago Bernabeu.

Guna mengasah kemampuan dribel, serta menghindari tekel lawan, Zidane meminta bantuan Makelele yang kebetulan beroperasi sebagai gelandang bertahan.

"Terkadang, saya dan Zidane tetap di lapangan setelah latihan selesai untuk berlatih satu lawan satu," ucap Makelele dilansir UEFA.com.

Baca juga:

"Saya tahu kenapa Zidane ingin melakukan itu. Dia ingin meningkatkan kualitas dribel dan karena dia selalu ditendang pemain lawan setiap bertanding," ucap pria yang mengakhiri kariernya bersama Paris Saint-Germain itu.

Dua tahun lamanya Makelele merasakan satu tim dengan Zidane di Madrid. Kebersamaan mereka menghasilkan masing-masing satu trofi La Liga dan Liga Champions.

Kedua sosok tersebut sama-sama menempuh karier sebagai pelatih pasca-pensiun. Makelele sempat menukangi Bastia pada 2014, sedangkan Zidane adalah pelatih Madrid saat ini.

Musim perdana membesut El Real (2015-2016), Zidane membuat gebrakan dengan membawa Cristiano Ronaldo dkk ke tangga juara Liga Champions. Ia menjadi orang ke-7 yang menjuarai ajang bergengsi tersebut sebagai pemain dan pelatih.


Editor : Aloysius Gonsaga
Sumber : Uefa.com


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X