Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Ketika Dipecat, Van Gaal Menangis seperti Bayi

By Septian Tambunan - Sabtu, 17 September 2016 | 22:15 WIB
Louis van Gaal menaiki mobilnya berjalan meninggalkan Old Trafford ketika masih menjabat sebagai manajer Manchester United, 15 Mei 2016.
OLI SCARFF/AFP
Louis van Gaal menaiki mobilnya berjalan meninggalkan Old Trafford ketika masih menjabat sebagai manajer Manchester United, 15 Mei 2016.

Louis van Gaal merupakan salah satu pelatih terbaik asal Belanda dengan gelimang prestasi. Namun, pemecatan tetap tidak bisa dia hindari.

Menjuarai Liga Champions bersama Ajax Amsterdam pada 1994-1995 dan mengantarkan Negeri Kincir Angin menjadi peringkat ketiga Piala Dunia 2014 merupakan segelintir catatan prestisius dalam karier Van Gaal.

Akan tetapi, pria kelahiran Amsterdam pada 65 tahun silam ini punya pengalaman pahit kala dilengserkan dari jabatan peracik strategi FC Barcelona.

Van Gaal pernah mempersembahkan empat trofi bagi Barca dalam kurun waktu 1 Juli 1997-20 Mei 2000. Namun, periode kedua (1 Juli 2002-28 Januari 2003) membesut Tim Catalan berlangsung suram baginya.

Kekalahan 0-2 di kandang Celta Vigo pada Januari 2003 menjadi puncak dari kegagalan dia sehingga harus angkat koper dari Camp Nou.

Baca Juga:

Mantan anak asuh Van Gaal di Barcelona, Philippe Christanval, mengungkapkan betapa terpukulnya sang meneer saat didepak dari kursi pelatih.

"Van Gaal datang ke ruang ganti setelah mendengar berita itu. Dia mulai berbicara dan tiba-tiba menangis seperti bayi," kata Christanval kepada SRF, Jumat (16/9/2016).

"Dia benar-benar terluka. Van Gaal adalah seorang yang keras, dingin, dan kala itu dia hancur," ujar eks bek tengah Prancis itu.

Van Gaal juga mengalami nasib serupa ketika menukangi Manchester United. Bahkan, dia dipecat hanya berselang dua hari setelah membawa Red Devils meraih Piala FA pada 21 Mei 2016.


Editor : Jalu Wisnu Wirajati
Sumber : SFR


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X