Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Final AS Terbuka 2016, Lanjutan Persaingan Djokovic dan Wawrinka

By Diya Farida Purnawangsuni - Minggu, 11 September 2016 | 23:13 WIB
Petenis nomor satu dunia asal Serbia, Novak Djokovic, melakukan selebrasi setelah mengalahkan Gael Monfils (Prancis) 6-3, 6-2, 3-6, 6-2 pada babak semifinal AS Terbuka di USTA Billie Jean King National Tennis Center, Flushing Meadows, New York, Amerika Serikat, Jumat (9/9/2016).
AL BELLO/AFP PHOTO
Petenis nomor satu dunia asal Serbia, Novak Djokovic, melakukan selebrasi setelah mengalahkan Gael Monfils (Prancis) 6-3, 6-2, 3-6, 6-2 pada babak semifinal AS Terbuka di USTA Billie Jean King National Tennis Center, Flushing Meadows, New York, Amerika Serikat, Jumat (9/9/2016).

Laga final tunggal putra AS Terbuka antara Stan Wawrinka dan Novak Djokovic akan digelar di USTA Billie Jean King National Tennis Center, Minggu (11/9/2016) sore waktu setempat atau Senin dini hari WIB.

Secara keseluruhan, Djokovic mendominasi pertemuan dengan Wawrinka. Hingga laga terakhir mereka pada babak semifinal Paris Masters 2015, Djokovic unggul 19-4.

Namun, khusus untuk duel di turnamen Grand Slam, rekor pertemuan kedua petenis tercatat Djokovic unggul 4-2.

Lantas, bagaimana dengan final AS Terbuka tahun ini? Akankah kemenangan menjadi milik Djokovic yang merupakan petenis nomor satu dunia?

Atau, akankah Wawrinka yang justru sukses meraih gelar perdananya di AS Terbuka?

"Saya belum bertanding melawan Stan dalam beberapa waktu terakhir. Dia adalah pemain besar. Dia senang bertanding di pertandingan besar, melawan pemain bagus. Saat itulah dia mengangkat level performa permainan tenis. Permainannya semakin bagus," kata Djokovic yang dilansir ATP World Tour.

Di atas kertas, Djokovic yang menempati unggulan teratas, lebih difavoritkan menang ketimbang Wawrinka. Apalagi Djokovic tercatat hanya tiga kali bertanding penuh.

Djokovic yang datang ke Flushing Meadows dengan kondisi fisik kurang fit, mendapat keuntungan setelah dua lawannya, Mikhail Youzhny (Rusia) yang ditemui pada babak ketiga dan Jo-Wilfried Tsonga (Prancis) yang dihadapi pada babak perempat final, mundur karena mendapat cedera saat tengah bertanding.

Sementara itu, satu lawan lainmya, Jiri Vesely (Rep Ceska), mengundurkan diri bahkan sebelum pertandingan babak kedua dimainkan.

Namun, Djokovic juga memiliki cederanya sendiri. Saat menjalani pertandingan melawan Gael Monfils (Prancis) pada babak semifinal, Jumat (9/9/2016), Djokovic sempat mendapat perawatan di bahu.

Di sisi lain, Wawrinka lebih terlatih saat menghadapi tekanan dari para lawan sepanjang menjalani AS Terbuka.

Wawrinka sempat bertanding lima set saat menjumpai petenis non-unggulan, Daniel Evans (Britania Raya), pada babak ketiga. Pada babak itu, Wawrinka memenangi laga dengan 4-6, 6-3, 6-7(6), 7-6(8), 6-2.


Editor : Pipit Puspita Rini
Sumber : tennis.com, The Associated Press


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X