Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Analisis Man City di Bawah Guardiola, Sentuhan Mulai Terlihat

By Sabtu, 10 September 2016 | 17:16 WIB
Bek Manchester City, Gael Clichy, menggiring bola saat melawan Sunderland dalam laga lanjutan Premier League 2016-2017 di Stadion Etihad, Manchester, pada 13 Agustus 2016.
STU FORSTER/GETTY IMAGES
Bek Manchester City, Gael Clichy, menggiring bola saat melawan Sunderland dalam laga lanjutan Premier League 2016-2017 di Stadion Etihad, Manchester, pada 13 Agustus 2016.

Pelan tapi pasti, Pep Guardiola mulai mentransfer gayanya ke permainan Manchester City.

Penulis: Sem Bagaskara

FILOSOFI

Sejak era Roberto Mancini, City sudah memperagakan permainan berbasis penguasaan bola. Pep Guardiola kini tinggal menajamkannya. Pep meminta anak asuhnya membangun serangan dari belakang.

Hal itulah yang melatarbelakangi perekrutan Claudio Bravo serta pemilihan Willy Caballero ketimbang Joe Hart dalam tiga partai terakhir EPL.

Preferensi terhadap kiper yang cakap menggunakan kaki menunjang dua poin awal dari tiga filosofi 3P ala Pep: play, possession, position.

Terkait position (posisi) dan pergerakan, Pep terbilang sangat kaku dan rewel terutama sebelum memasuki sepertiga akhir wilayah lawan.

Itulah alasan kenapa setiap tim besutan Pep selalu menyandang status sebagai pemilik pertahanan terbaik.

Serangan balik merupakan mimpi buruk bagi tim yang gemar menguasai permainan dan menerapkan garis pertahanan tinggi seperti City ala Pep.

Duel kontra Sunderland (2-1) pada pekan pertama EPL menampilkan kecerdikan Pep dalam menghadapi potensi serangan balik.

Dalam posisi memegang bola, gelandang jangkar, Fernandinho, turun nyaris sejajar dengan duet palang pintu Aleksandar Kolarov dan John Stones.

Duo bek sayap Bacary Sagna dan Gael Clichy tak seperti biasanya naik melakukan overlap mendukung penyerang sayap.

Tugas Clichy dan Sagna justru masuk ke arah dalam lapangan dan menjaga dua pemain terdepan lawan.


Editor : Firzie A. Idris
Sumber : Tabloid BOLA No. 2.697


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X