Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Hina Wasit Perempuan, Penonton Diusir dari Stadion

By Lariza Oky Adisty - Jumat, 9 September 2016 | 00:16 WIB
Wasit laga UE Valls melawan Cambrils Unio, Maria Galego (tengah).
Dok. AS
Wasit laga UE Valls melawan Cambrils Unio, Maria Galego (tengah).

Wasit perempuan, Marta Galego, menghentikan pertandingan di divisi kedua Liga Catalan setelah seorang penonton laga tersebut menghinanya saat memimpin pertandingan.

Galego memimpin pertandingan UE Valls melawan Cambrils Unio, Minggu (4/9/2016). Di tengah jalannya laga, seorang penonton meneriaki Galego. "Kembali ke dapur dan cuci piring-piring di sana!" teriak suporter UE Valls yang tidak diketahui identitasnya tersebut.

Galego mendengarnya dan menghentikan pertandingan. Dia pun meminta penonton tersebut meninggalkan stadion. Pertandingan baru berlanjut tiga menit kemudian.

Adapun penonton lain menunjukkan reaksi positif terhadap Galego. Mereka sempat bertepuk tangan untuk keputusan yang dia ambil.

Kasus yang dialami Galego bukan yang pertama terjadi di Spanyol. Beberapa insiden perundungan (bullying) yang menimpa wasit atau pemain pernah beberapa kali terjadi.

Baca Juga:

Pada Mei 2016, wasit bernama Jesus Tomillero, menyatakan mundur dari sepak bola setelah memimpin pertandingan antara Portuense dan San Fernando Isleno. Dia menerima hinaan dari penonton karena orientasi seksualnya.

Tomillero mengatakan tidak sanggup menghadapi perundungan serupa di pertandingan lain.

Sementara itu, akhir Agustus lalu, pemain Athletic Bilbao, Inaki Williams, menjadi sasaran rundungan bernada rasial dari suporter Sporting Gijon ketika kedua kubu bersua di Stadion El Molinon. Kejadian tersebut memaksa pengadil pertandingan, Carlos Clos Gomez, menghentikan pertandingan pada menit ke-22.

Rundungan tersebut baru berhenti setelah para penonton mendengar imbauan yang diumumkan lewat pelantang di stadion. Pihak komite disiplin Liga Spanyol pun kini tengah menyelidiki insiden yang menimpa Tomillero dan Williams tersebut.


Editor : Aloysius Gonsaga
Sumber : AS


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X