Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Serba-serbi Daftar Gaji Pemain Serie A 2016-2017

By Beri Bagja - Kamis, 8 September 2016 | 08:18 WIB
Aksi perayaan gol striker Juventus, Gonzalo Higuain, setelah menjebol gawang Fiorentina dalam duel Serie A di J-Stadium, Turin, 20 Agustus 2016.
MARCO BERTORELLO/AFP
Aksi perayaan gol striker Juventus, Gonzalo Higuain, setelah menjebol gawang Fiorentina dalam duel Serie A di J-Stadium, Turin, 20 Agustus 2016.

Media besar Italia, La Gazzetta dello Sport, telah menerbitkan edisi khusus berisi data-data tentang gaji pemain dan pengeluaran klub dalam sektor pembiayaan tersebut di Serie A 2016-2017.

Informasi itu muncul buat khalayak pada Rabu (7/9/2016). Gazzetta mengurutkan pendapatan para pemain, pengeluaran klub, serta anggaran total tim-tim Serie A setiap musimnya.

Menurut media yang berbasis di Kota Milan itu, pengeluaran total kontestan liga teratas Italia musim ini mencapai 985 juta euro atau setara Rp 14,4 triliun rupiah.

Baca Juga:

Jumlah tersebut meroket 103 juta euro atau naik 11 persen dari tagihan gaji musim lalu (882 juta euro).

Peningkatan signifikan ini erat korelasinya dengan gairah belanja klub besar Serie A, terutama Juventus dan Inter Milan.

Juve menempatkan 6 wakil dalam daftar 10 pemain berpendapatan tertinggi musim ini. Pemuncak susunan tersebut ialah striker anyar, Gonzalo Higuain, dengan injeksi 7,5 juta euro per musim dalam kantongnya (Rp 110,4 miliar).

Pada titik berlawanan, status pemain berbayaran terendah ialah kiper muda Sampdoria berusia 17 tahun, Titas Krapikas.

Remaja Lituania itu cuma mengantongi 18.000 euro per musim atau Rp 265 juta.

Tak heran bila Juventus dan Inter menempati posisi dua teratas klub dengan anggaran gaji tertinggi. Mereka secara berturut-turut mengeluarkan 145 dan 120 juta euro.


Editor : Beri Bagja
Sumber : La Gazzetta dello Sport


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X