Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Pelatih Spanyol Bangga terhadap Revolusi Taktik Timnya

By Beri Bagja - Selasa, 6 September 2016 | 07:47 WIB
Para pemain Spanyol merayakan gol yang dicetak David Silva (21) ke gawang Liechtenstein dalam laga Kualifikasi Piala Dunia 2018 di Leon, Spanyol, 5 September 2016.
MIGUEL RIOPA/AFP
Para pemain Spanyol merayakan gol yang dicetak David Silva (21) ke gawang Liechtenstein dalam laga Kualifikasi Piala Dunia 2018 di Leon, Spanyol, 5 September 2016.

Julen Lopetegui menjalani debut kompetitif sebagai pelatih Spanyol dengan cara terbaik. Ia membawa skuat La Roja (Merah) menggilas Liechtenstein 8-0 pada duel Kualifikasi Piala Dunia 2018 Grup G Zona UEFA, Senin (5/9/2016).

Meski level musuh yang dihadapi jauh di bawah Spanyol, Lopetegui tetap bangga terhadap kemampuan timnya menerjemahkan strategi guna menghasilkan kemenangan meyakinkan.

Spanyol cuma mencetak satu gol pada babak pertama lewat aksi Diego Costa. Mereka tampil dengan pakem awal 4-2-3-1 dan kesulitan saat menghadapi pertahanan berlapis lawan. 

Baca Juga:

Level permainan Spanyol jauh membaik pascajeda ketika Lopetegui merevolusi taktik menjadi 3-5-2 atau 4-3-3. Dengan dukungan aliran bola maksimal dari sayap, La Roja mengamuk dan mencetak 7 gol tambahan pada babak kedua.

"Liechtenstein adalah tim yang sangat terorganisasi dan membuat kami kesulitan, tapi kami dapat bermain dengan beberapa cara. Saya senang dengan performa tim karena mereka menunjukkan penampilan yang bagus. Apa yang kami upayakan di babak pertama menuai hasil di babak kedua," ucap Lopetegui kepada TVE.

Penerus Vicente del Bosque itu menilai kemenangan besar di Leon menjadi modal masif sebagai bekal menghadapi rival terkuat di Grup G, Italia, pada matchday 2 (6/10/2016).


Proses terciptanya gol sundulan Diego Costa (paling atas) untuk Spanyol saat menjamu Liechtenstein dalam laga Kualifikasi Piala Dunia 2018 zona UEFA di Reyno de Leon Stadium, Leon, 5 September 2016.(MIGUEL RIOPA/AFP)

"Kami berada di grup yang sulit dan segala hal detail menjadi penting. Modal utama adalah kami mencatat start bagus dengan kemenangan. Masih ada waktu sebulan untuk persiapan menghadapi Italia," kata pria berusia 50 tahun itu.

Secara khusus, Lopetegui memuji Costa, yang kembali tajam. Penyerang Chelsea itu menyumbang dua gol ke gawang Liechtenstein, seperti halnya David Silva dan Alvaro Morata.


Editor : Aloysius Gonsaga
Sumber : Berbagai sumber


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X