Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Ujian Kedua buat Zizou

By Sabtu, 3 September 2016 | 08:21 WIB
Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane, mendampingi anak asuhnya dalam pertandingan La Liga melawan Celta Vigo di Santiago Bernabeu, Madrid, Spanyol, 27 Agustus 2016.
DENIS DOYLE/GETTY IMAGES
Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane, mendampingi anak asuhnya dalam pertandingan La Liga melawan Celta Vigo di Santiago Bernabeu, Madrid, Spanyol, 27 Agustus 2016.

Bukan rahasia lagi jika Real Madrid kerap bermasalah dengan jeda kompetisi. Situasi yang belakangan dikenali sebagai virus FIFA ini ibarat penyakit kambuhan yang merecoki perjalanan tim setiap musim bagi Los Blancos alias Si Putih.

Penulis: Indra Citra Sena

Secara umum, virus FIFA berarti kehilangan performa terbaik para pemain pilar akibat kelelahan, bahkan cedera parah usai membela tim nasional masing-masing. Masalahini pernah menimpa Madrid pada era Carlo Ancelotti (2013-2015) dan Rafa Benitez (2015-2016).

Khusus Benitez, jeda liga menorehkan luka mendalam di lubuk hati Madridistas. Pasalnya, Madrid mengalami salah satu momen terburuk sepanjang sejarah yang berkaitan dengan duel el clasico kontra Barcelona.

Pada 21 November 2015, Madrid menelan kekalahan telak 0-4 dari Barcelona di Santiago Bernabeu. Kala itu, sebagian besar personel tim baru kembali selepas melakoni partai uji coba timnas menjelang Euro 2016.

Baca Juga:

Oleh sebab itu, wajar Madridistas ketar-ketir setiap kompetisi harus rehat sejenak karena partai antarnegara. Mereka khawatir virus FIFA akan menyerang kebugaran serta menurunkan kualitas permainan tim.

Namun, segenap Madridistas mulai bisa bernapas lega mengingat Madrid kini memiliki sosok pembawa perubahan bernama Zinedine Zidane di kursi pelatih. Dia tak cuma membenahi dan mengangkat prestasi tim, melainkan juga bisa membentengi Los Blancos dari virus FIFA.

Statistik membuktikan bahwa Zidane mengubah peruntungan klub asal ibu kota Spanyol itu setelah menjalani laga antarnegara pada pengujung Maret 2016. Tak tanggung-tanggung, pria yang akrab disapa Zizou tersebut membawa Madrid menekuk Barcelona 2-1 di Camp Nou (2/4/2016).


Editor : Jalu Wisnu Wirajati
Sumber : Tabloid BOLA


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X