Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Bek-Bek Mahal Berkumpul di Etihad

By Sabtu, 3 September 2016 | 10:01 WIB
Manchester City resmi memperkenalkan John Stones sebagai rekrutan teranyar di Etihad Stadium, Selasa (9/8/2016).
TWITTER @MANCITY
Manchester City resmi memperkenalkan John Stones sebagai rekrutan teranyar di Etihad Stadium, Selasa (9/8/2016).

Bergabungnya bek John Stones tak pelak membuat Manchester City kian mengerikan. Bagaimana tidak? Tiga dari lima bek termahal dunia menghuni Stadion Etihad. Stones yang digaet The Citizens dari Everton bahkan langsung menempati posisi kedua dalam urutan lima besar bek mahal dunia.

Penulis: Dedi Rinaldi

Banderol Stones senilai 47,5 juta pound atau setara dengan 809 miliar rupiah hanya kalah oleh nilai transfer David Luiz kala Paris St-Germain memindahkannya dari Chelsea dengan banderol 50 juta pound pada Juni 2014.

Dua bek The Citizens lainnya yang masuk daftar lima besar ialah Eliaquim Mangala yang masuk ke Etihad dari FC Porto dengan nilai transfer 32 juta pound pada Agustus 2014 serta Nicolas Otamendi (32 juta pound) yang dibeli The Citizens dari Valencia pada Agustus 2015.

Namun, harga selangit untuk Stones tentu memancing pertanyaan: apakah bek berusia 22 tahun ini memang layak dihargai mahal?

Pasalnya, harga Stones bahkan di atas banderol bek kawakan asal Brasil yang telah teruji dan sudah bermain di klub besar, yaitu Thiago Silva. Kapten timnas Brasil di ajang Piala Dunia ini berharga 36 juta pound saat AC Milan menjualnya ke Paris St-Germain pada Agustus 2012.

Baca Juga:

Manajer The Citizens, Josep Guardiola, pasti tak hanya berpatokan pada asumsi bahwa Stones dianggap sebagai salah satu bek muda Inggris yang memiliki potensi paling luar biasa di antara pemain seusianya ketika menggaetnya.

Masih ada sisi lain di mata Guardiola. Sisi lain yang disebut-sebut itu ialah Guardiola melihat bayangan Gerard Pique, bek besutan Guardiola di Barcelona dalam diri Stones. Guardiola seperti melihat banyak kesamaan antara Stones dan Pique, dan diyakini Stones bisa berkembang menjadi seorang bek berkelas dunia.

Dalam satu kesempatan, Guardiola mengungkapkan hal tersebut.

"Stones cepat, bisa membaca permainan dengan bagus, nyaman ketika menguasai bola, dan memiliki teknik yang hebat. Jadi, Stones punya semua atribut menjadi salah satu pemain terbaik dunia," kata Guardiola.


Editor : Jalu Wisnu Wirajati
Sumber : Tabloid BOLA


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X