Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Felipe Massa Pensiun pada Akhir Musim 2016

By Diya Farida Purnawangsuni - Jumat, 2 September 2016 | 05:43 WIB
Pebalap Formula 1 (F1) yang membela tim Williams Martini Racing, Felipe Massa, berjalan di pit setelah menjalani latihan kedua GP Belgia di Spa-Francorchamps, Spa, Jumat (26/8/2016).
LOIC VENANCE/AFP PHOTO
Pebalap Formula 1 (F1) yang membela tim Williams Martini Racing, Felipe Massa, berjalan di pit setelah menjalani latihan kedua GP Belgia di Spa-Francorchamps, Spa, Jumat (26/8/2016).

Pebalap Formula 1 (F1) asal Brasil, Felipe Massa, akan pensiun pada akhir musim 2016. Keputusan ini disampaikan Massa melalui tulisan kolomnya pada Motorsport.com, Kamis (1/9/2016).

"Dalam beberapa bulan terakhir saya banyak berpikir mengenai masa depan dan telah memutuskan bahwa pada akhir musim ini, saya akan meninggalkan Formula 1," tulis Massa.

Massa memulai debut balapan F1 bersama tim Sauber pada 2002. Sejak itu, pebalap 35 tahun ini telah mengikuti 242 seri balap dan memenangi 11 seri balap di antaranya.

Massa nyaris menjadi Juara Dunia F1 2008. Namun, prestasi tersebut gagal dicapai setelah dikalahkan Lewis Hamilton dengan selisih satu poin.

Di sisi lain, masa depan Massa pada ajang balap F1 masih belum menemui titik terang. Williams terus mempertimbangkan opsi pebalap untuk musim 2017, tetapi sampai saat ini belum mengumumkan nama-nama pebalap yang dipilih.

"Kehidupan memberi kita begitu banyak pilihan dan bagi saya ini adalah waktunya untuk pergi dan mencoba sesuatu yang baru. Mungkin Anda akan melihat saya lagi membalap, tetapi saat ini, satu-satunya hal yang pasti adalah saya akan punya banyak waktu untuk memutuskan apa yang akan saya lakukan pada masa depan," kata pebalap kelahiran Sao Paulo itu.

Massa menghabiskan tiga musim pertamanya pada F1 di Sauber (2002, 2004-2005) sebelum pindah ke Ferrari. Pada musim pertamanya di tim Kuda Jingkrak, Massa membalap bersama Michael Schumacher.

Setelah Schumacher pensiun pada 2006, Massa bertandem dengan Kimi Raikkonen dari musim balap 2007 hingga 2009. Massa kemudian melanjutkan karier balapnya di Ferrari dengan Fernando Alonso pada musim 2010-2012.

Baca Juga:

Pada 2013, Massa memilih hijrah ke tim Williams hingga sekarang.


Editor : Jalu Wisnu Wirajati
Sumber : Motorsport


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X