Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Hamilton Akan Start dari Grid Belakang pada GP Belgia

By Diya Farida Purnawangsuni - Sabtu, 27 Agustus 2016 | 12:00 WIB
Pebalap Mercedes AMG Petronas asal Inggris, Lewis Hamilton, tiba di Sirkuit Spa-Francorchamps untuk mengikuti konferensi pers menjelang seri balap F1, GP Belgia, Kamis (25/8/2016).
JOHN THYS/AFP PHOTO
Pebalap Mercedes AMG Petronas asal Inggris, Lewis Hamilton, tiba di Sirkuit Spa-Francorchamps untuk mengikuti konferensi pers menjelang seri balap F1, GP Belgia, Kamis (25/8/2016).

Pebalap Mercedes, Lewis Hamilton, akan start dari grid belakang pada GP Belgia, Minggu (28/8/2016). Posisi ini diterima Hamilton setelah mendapat penalti sebanyak 30 grid.

Hamilton terkena penalti tersebut karena melakukan pergantian pada suku cadang mesinnya pada dua sesi latihan bebas di Sirkuit Spa-Franchorchams, Jumat (26/8/2016).

Secara keseluruhan, aksi pergantian suku cadang mesin itu telah melebihi batas yang diberikan Federasi Otomobil Internasional (FIA). Selain Hamilton, pebalap McLaren Honda, Fernando Alonso, dan pebalap Sauber, Marcus Ericsson, juga mendapat hukuman serupa.

"Saya merasa oke. Hari Minggu nanti akan menjadi hari yang menarik. Menembus posisi 10 besar mungkin tidak akan menjadi hal yang sulit, menyelesaikan balapan yang akan sulit dilakukan," tutur Hamilton yang dilansir BBC, Sabtu (27/8/2016).

Hingga seri balap ke-12, GP Jerman, 31 Juli lalu, Hamilton masih memuncaki klasemen sementara pebalap dengan 217 poin. Dia unggul 19 poin atas rekan setimnya, Nico Rosberg.

Namun, Hamilton mengaku belum mengetahui secara pasti bagaimana cara Mercedes menyikapi sesi kualifikasi hari ini, mengingat dia dipastikan memulai balapan dari belakang.

"Saya tidak terlalu memikirkan hal itu (persaingan dengan Nico). Saya hanya fokus mempersiapkan mobil sebaik mungkin untuk balapan. Saya tidak dapat berbuat apa-apa dengan Nico. Saya akan membiarkan dia melakukan apa yang dibutuhkan dan saya melakukan apa yang saya butuhkan," kata Hamilton.

Pada sesi latihan bebas kedua, Hamilton mencatat waktu putaran tercepat ke-13 dengan mencatat putaran 1 menit 49,782 detik.

Sementara itu, Rosberg berada di urutan keenam setelah membukukan putaran tercepat, 1 menit 49,161 detik.


Editor : Delia Mustikasari
Sumber : BBC


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X