Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Spanyol Jadi Raja Lagi?

By Jumat, 19 Agustus 2016 | 11:00 WIB
Cristiano Ronaldo (Real Madrid/Portugal), Gareth Bale (Real Madrid/Wales), dan Antoine Griezmann (Atletico Madrid/Prancis) menjadi tiga finalis Pemain Terbaik Eropa 2015-2016.
UEFA
Cristiano Ronaldo (Real Madrid/Portugal), Gareth Bale (Real Madrid/Wales), dan Antoine Griezmann (Atletico Madrid/Prancis) menjadi tiga finalis Pemain Terbaik Eropa 2015-2016.

Penampilan konsisten dari matchday ke matchday membuat klub-klub Spanyol punya peluang besar untuk menjadi kampiun di Liga Champion. Itulah yang terjadi dalam 10 musim terakhir, di mana klub Spanyol (Real Madrid dan Barcelona) menjuarai lima di antaranya.

Real Madrid dan Atletico Madrid bahkan dua kali menggelar derbi Madrid di final, yaitu musim 2013/2014 dan 2015/2016. Musim ini untuk kedua kalinya secara beruntun, Spanyol akan punya lima wakil di Liga Champion.

Barcelona, Real Madrid, Atletico Madrid, dan Sevilla akan langsung menuju fase grup. Villarreal, klub yang berada pada posisi ke-4 klasemen La Liga 2015-2016, akan memulai dari babak play-off.

Sevilla memang berada pada peringkat tujuh klasemen La Liga musim lalu, tetapi sebagai juara Liga Europa, mereka berhak berada langsung di fase grup. Musim lalu, Sevilla juga langsung mendapatkan tempat di fase grup Liga Champion dengan status sebagai juara Liga Europa 2014-2015. Namun, mereka gagal lolos ke fase gugur dan melorot lagi ke Liga Europa.

Lumayan, mereka kembali menjadi juara di ajang itu. Barcelona dan Real Madrid adalah dua kandidat terdepan yang punya kesempatan paling besar untuk menjadi juara. Formasi pemain yang mereka miliki tidak banyak berubah.

Apalagi, rival-rival tradisional, macam Manchester United dan Chelsea, absen dari ajang musim ini. Bukannya mengecilkan klub-klub lain yang ada di fase grup, seperti Bayern Muenchen, Juventus, atau Arsenal, tapi Barcelona dan Madrid tetap saja layak diunggulkan.

Liga Europa

Untuk Liga Europa, Spanyol benar-benar menjadi penguasa. Dalam 10 musim terakhir, enam kali klub Spanyol menjadi juara (Sevilla empat, Atletico dua). Musim ini, Athletic Bilbao dan Celta Vigo akan meneruskan langkah-langkah klub Spanyol sebelumnya untuk bisa berjaya di ajang kelas dua antarklub Eropa ini.

Sevilla malah menjadi pengumpul terbanyak trofi Liga Europa, yaitu lima kali. Entah apakah musim ini mereka bisa bertahan di Liga Champion. Pasalnya, Sevilla kehilangan beberapa pemain pilar. Seperti Kevin Gameiro, yang direkrut Atletico; Ever Banega sudah menjadi milik Inter Milan; dan Fernando Llorente hijrah ke Premier League untuk bermain bersama Swansea City.

Kejadian musim lalu, terlempar ke Liga Europa, jelas tidak ingin diulang.
Terus terang saja, kalau merunut pada peluang yang dibuat oleh bursa juara Liga Europa, Athletic dan Celta tidak menjadi favorit.


Editor : Jalu Wisnu Wirajati
Sumber : Tabloid BOLA


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X