Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Efektivitas Bursa Transfer La Liga, Penjamin Kualitas

By Sabtu, 20 Agustus 2016 | 11:05 WIB
Ikon FC Barcelona, Lionel Messi, memeluk Arda Turan dalam pertandingan leg kedua Piala Super Spanyol kontra Sevilla di Camp Nou, 17 Agustus 2016.
PAU BARRENA/AFP
Ikon FC Barcelona, Lionel Messi, memeluk Arda Turan dalam pertandingan leg kedua Piala Super Spanyol kontra Sevilla di Camp Nou, 17 Agustus 2016.

Secara aklamasi publik menyimpulkan La Liga 2016-2017 sebagai musim terburuk dari perspektif transfer pemain. Maklum, tak ada transaksi berlabel megatransfer yang selama ini identik dengan panggung La Liga. Khususnya yang melibatkan Real Madrid dan Barcelona, dua raksasa Negeri Matador.

Penulis: Sapto Haryo Rajasa

Jika dibandingkan dengan musim-musim sebelumnya, di mana altas bajas diwarnai perekrutan Kaka, Cristiano Ronaldo, Gareth Bale, Angel Di Maria, dan James Rodriguez di kubu Madrid serta Neymar dan Luis Suarez di sisi Barca, lalu lintas transfer musim ini memang tergolong sepi nama besar.

Memang, nilai transaksi pembelian yang dikeluarkan Barca di musim ini menembus 80 juta euro.

Hampir sama dengan jumlah dana yang dikucurkan Atletico Madrid.

Namun, selain terpaut jauh dengan total belanja di masa lalu yang setidaknya melewati 120-an juta euro, para rekrutan kali ini pun bukan big names.

Pembelian paling top Barca berwujud Samuel Umtiti, Lucas Digne, dan Andre Gomes.

Di Atletico, parade amunisi anyar diwakili Nicolas Gaitan, Sime Vrsaljko, Diogo Jota, dan Kevin Gameiro. Sementara itu, Madrid hanya mengaktifkan opsi klausul buy back mereka dengan membawa pulang Alvaro Morata.

Yang bisa dibilang mengejutkan mungkin Sevilla dan Villarreal, yang sama-sama menggelontorkan dana sebesar 50-an juta euro.

Bedanya, bukan karena kedua tim ini  punya kantong cukup tebal, tapi murni lantaran mereka memperoleh pemasukan dari penjualan pemain, sehingga perlu menambal lubang.


Editor : Firzie A. Idris
Sumber : Tabloid BOLA


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X