Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Momok Bek Kiri Liverpool Masih Berlanjut

By Sabtu, 6 Agustus 2016 | 20:28 WIB
Gelandang Liverpool James Milner tengah berebut bola dengan Mohamed Salah dalam pertandingan persahabatan melawan AS Roma di Busch Stadium, 01 Agustus 2016.
JEFF CURRY/GETTY IMAGES
Gelandang Liverpool James Milner tengah berebut bola dengan Mohamed Salah dalam pertandingan persahabatan melawan AS Roma di Busch Stadium, 01 Agustus 2016.

Dalam lebih dari satu dekade terakhir, pos bek kiri seperti menjadi momok yang menakutkan bagi Liverpool. Meskipun dalam rentang tersebut The Reds berhasil menggondol trofi Liga Champions, Piala UEFA, dan Piala FA, posisi left back tak pernah dihuni pemain yang benarbenar berkelas wahid.

Penulis: Sapto Haryo Rajasa

Jika bicara jujur, mungkin pemain terbaik yang pernah dimiliki Liverpool di posisi tersebut cuma Alan Kennedy, peraih dwigelar LC di musim 1980/81 dan 1983/84.

Nama-nama seperti David Burrows, Steve Staunton, Jim Beglin, Steve Harkness, Djimi Traore, Fabio Aurelio, hingga John Arne Riise jelas jauh dari sempurna.

Aurelio dan Riise, sepasang bek kiri terbaik Liverpool dalam memori paling segar, bahkan bisa dengan sangat mudah dibaca kelemahannya.

Jika Riise tak bisa “memanfaatkan” kaki kanannya, Aurelio terlalu “akrab” dengan ruang terapi dan meja operasi.

Rapor Jose Enrique, sang penerus Aurelio, maupun Alberto Moreno, andalan Si Merah dalam dua musim terakhir, pun rata-rata air.

Moreno bahkan lebih dikenal sebagai biang kerok kekalahan akibat sejumlah defensive error yang dibuatnya.

Jika final Liga Europa melawan Sevilla, di mana dua gol Coke lahir dari kesalahan yang dibuatnya, belum cukup dijadikan sebagai bukti, laga kontra AS Roma, Senin (1/8), menjadi penegas perihal betapa rapuhnya sisi kiri Liverpool.

Di lantai bursa transfer musim panas ini, Juergen Klopp sempat mengincar Ben Chilwell, bek kiri Leicester City. Namun, kepindahan gagal terealisasi lantaran perbincangan tak beranjak dari sekadar memburu.


Editor : Firzie A. Idris
Sumber : Tabloid BOLA No.2.686


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X