Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

'Sentuhan' Indra Sjafri pada Timnas U-19 Asuhan Eduard Tjong

By Segaf Abdullah - Selasa, 2 Agustus 2016 | 01:15 WIB
Penyerang PS TNI, Dimas Drajad, saat menjalani seleksi timnas U-19 Indonesia di National Youth Training Center, Sawangan, Depok, Selasa (26/7/2016).
HERKA YANIS PANGARIBOWO/BOLA
Penyerang PS TNI, Dimas Drajad, saat menjalani seleksi timnas U-19 Indonesia di National Youth Training Center, Sawangan, Depok, Selasa (26/7/2016).

Pelatih tim nasional (timnas) U-19, Eduard Tjong, menginginkan timnya dapat bermain dengan teknik satu dua sentuhan. Memberi gambaran, pelatih berusia 44 tahun itu pun mengakui bahwa permainan Bali United asuhan Indra Sjafri menjadi anutan.

Dihadapi persiapan yang hanya tujuh pekan, Edu, sapaan Eduard Tjong, berusaha untuk sesegera mungkin membentuk permainan timnya.

"Saya ingin mengarahkan pemain untuk terus menguasai bola. Salah satunya, kami main dengan operan-operan pendek," ucap Edu di National Youth Training Center (NYTC), Senin (1/8/2016).

Baca juga:

"Lihat saja Bali United sekarang, Indra Sjafri membuat timnya memiliki statististik yang bagus soal penguasaan bola," katanya.

Meski begitu, enam pekan tersisa menjelang Piala AFF U-19 2016, dirasa Edu sulit untuk merealisasikan hal tersebut. Alhasil, eks pelatih PS TNI itu mencoba menyiasatinya dengan memberikan porsi latihan daya tahan.

"Kami bisa menutupi kelemahan dengan daya tahan tubuh yang kuat. Selain itu, yang terpenting adalah mental bertanding," katanya.

Lebih lanjut Edu menegaskan, mental bertanding yang kuat penting dimiliki oleh setiap pemainnya.

"Tanpa mental bertanding, pemain dengan VO2 max (kapasitas maksimal tubuh) setinggi apapun pasti tegang dan stres saat pertandingan," tutur Edu.

[video]http://video.kompas.com/e/5066873108001_v1_pjuara[/video]


Editor : Estu Santoso
Sumber : juara


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X