Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Debutan dan Harapan Seleksi Tim Nasional Merah Putih

By Senin, 1 Agustus 2016 | 14:43 WIB
Penyerang Persela, Dendi Sulistyawan (tengah) saat melewati adangan bek Pusamania Borneo FC, Aang Suparman di Stadion Surajaya, Lamongan pada Minggu (24/7/2016).
Dok PT GTS
Penyerang Persela, Dendi Sulistyawan (tengah) saat melewati adangan bek Pusamania Borneo FC, Aang Suparman di Stadion Surajaya, Lamongan pada Minggu (24/7/2016).

Tengah pekan silam, Kamis (28/7/2016), PSSI merilis 47 nama pemain yang bakal menjalani seleksi tahap awal ke Piala AFF 2016. Dari daftar tersebut, terselip satu pemain debutan yang masih berusia 19 tahun, Dendi Sulistyawan. Ia layak disebut harapan.

Penulis: Martinus Bangun

Menurut data riset BOLA, hanya Dendi Sulistyawan (striker/Persela) dan Fadhil Sausu (Bali United) yang benar-benar tepat disebut sebagai debutan timnas. Dalam artian, keduanya belum penah mencicipi pengalaman tampil bersama timnas.

Kedua pemain sama-sama belum pernah mencicipi pengalaman bersama tim nasional, baik di level junior maupun senior.

Beberapa nama lain yang masuk pelatnas tahap awal ini sebenarnya juga ada yang belum pernah tampil mengenakan seragam Merah-Putih.

Namun, setidaknya, nama-nama itu punya pengalaman mengikuti proses seleksi, seperti Dominggus Fakdawer (bek Persipura/seleksi timnas senior), Ichsan Kurniawan (gelandang Sriwijaya FC/seleksi timnas U-19, dan Andik Rendika Rama (bek sayap Persija/seleksi timnas U-23).

Masih 19 Tahun

Ketimbang Fadhil yang sudah senior (31 tahun) dan kenyang pengalaman, nama Dendi rasanya lebih layak dikedepankan.

"Saya belum pernah sekali pun tampil di timnas atau sekadar ikut seleksi di timnas level usia dini. Jadi ini benar-benar pengalaman pertama dan ternyata langsung seleksi timnas senior. Rasanya seperti mimpi!" ujar Dendi.

Apalagi, usia Dendi baru menginjak 19 tahun dan tantangan yang bakal dihadapi cukup berat, yakni bersaing dengan striker-striker terbaik seperti Indonesia.


Editor : Firzie A. Idris
Sumber : Tabloid BOLA


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X