Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Rosberg Kaget Mendapat Penalti 5 Detik

By Diya Farida Purnawangsuni - Minggu, 31 Juli 2016 | 22:48 WIB
Pebalap Mercedes AMG Petronas F1 dari Jerman, Nico Rosberg, saat menjalani sesi latihan ketiga GP Jerman di Hockenheimring, Sabtu (30/7/2016).
SASCHA SCHUERMANN/AFP PHOTO
Pebalap Mercedes AMG Petronas F1 dari Jerman, Nico Rosberg, saat menjalani sesi latihan ketiga GP Jerman di Hockenheimring, Sabtu (30/7/2016).

Pebalap Mercedes, Nico Rosberg, kaget dengan hukuman penalti 5 detik saat menjalani balapan Formula 1 GP Jerman di Hockenheimring, Minggu (31/7/2016).

Rosberg dihukum karena dianggap menyebabkan pebalap lain yakni Max Verstappen (Red Bull Racing) keluar dari lintasan balap pada lap ke-29.

"Saya sangat terkejut ketika tahu mendapat penalti. Saya tidak menyangka hal itu sama sekali. Hukuman ini merupakan tambahan ketika hari Anda berjalan salah sepenuhnya," kata Rosberg yang dilansir Motorsport.

Rosberg memulai balapan GP Jerman pada posisi start terdepan. Dia memenangi posisi ini setelah pada sesi kualifikasi, sehari sebelumnya, berhasil mencatat waktu tercepat 1 menit 14,363 detik.

Akan tetapi, buruknya start yang dilakukan Rosberg membuat posisinya langsung melorot ke urutan keempat, di belakang rekan setimnya, Lewis Hamilton, serta duo Red Bull Racing, Daniel Ricciardo dan Max Verstappen.

Pebalap Jerman itu sempat memperbaiki posisi ke urutan kedua setelah strategi pit dan aksi salipnya terhadap Verstappen membuahkan hasil. Namun, race stewards punya pandangan berbeda.

Rosberg dinilai memaksa Verstappen keluar dari lintasan. Akibatnya, dia harus menerima hukuman penalti 5 detik dan hanya bisa finis keempat.

Posisi finis ini memastikan Rosberg hanya menambah 12 poin, sedangkan Hamilton yang menjuarai balapan meraup 25 poin. Hamilton pun kini unggul 19 poin atas Rosberg di klasemen sementara pebalap.

"Selisih 19 poin tidak terlalu berat, yang berat itu gagal menyelesaikan balapan dengan cara seperti tadi. Hal itu sangat berat dan saya membutuhkan waktu untuk memahami apa yang terjadi," kata Rosberg.

Rosberg dan pebalap lainnya punya jeda waktu sekitar tiga pekan sebelum turun pada seri berikutnya, GP Belgia, 26-28 Agustus.


Editor : Pipit Puspita Rini
Sumber : Motorsport


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X