Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Del Bosque Sebut Guardiola Sosok Tepat Latih Spanyol

By Septian Tambunan - Minggu, 17 Juli 2016 | 11:03 WIB
Vicente del Bosque (kiri) dan Pep Guardiola menghadiri konferensi pers di Congress House, Zurich, Swiss, 7 Januari 2013.
CHRISTOF KOEPSEL/GETTY IMAGES
Vicente del Bosque (kiri) dan Pep Guardiola menghadiri konferensi pers di Congress House, Zurich, Swiss, 7 Januari 2013.

Eks pelatih Spanyol, Vicente Del Bosque, menyebut manajer Manchester City, Josep Guardiola, sebagai sosok yang tepat untuk meneruskan perjuangannya membesut La Furia Roja.

Del Bosque menganggap Guardiola menjadi figur terbaik untuk menukangi Sergio Ramos dan kawan-kawan, menyusul pengunduran dirinya pada 4 Juli 2016.

"Guardiola adalah pelatih terbaik di dunia, tidak diragukan lagi," kata Del Bosque kepada surat kabar Jerman, Suddeutsche Zeitung.

Pernyataan entrenador yang mengantarkan Spanyol menjadi kampiun Piala Dunia 2010 dan Piala Eropa 2012 ini tentu tidak sembarangan.

Pasalnya, Guardiola memang pelatih yang bertabur prestasi. Teranyar, eks peracik strategi Bayern Muenchen itu mempersembahkan 7 trofi untuk FC Hollywood.

Baca Juga:

Ketika ditanya apakah fakta bahwa Guardiola merupakan orang Catalan akan menjadi penghalang untuk menjadi pelatih Spanyol, Del Bosque menjawab dengan bijaksana.

"Mengapa pelatih asal Catalan tidak boleh melatih tim nasional? Ini akan menjadi sesuatu yang hebat untuk membawa kembali Catalonia berhubungan harmonis dengan Spanyol," ujar pria berusia 65 tahun itu.

Kalimat Del Bosque meyakinkan bahwa orang dari Catalan, yang beberapa kali ingin memperjuangkan kemerdekaan dari Spanyol, bukan menjadi rintangan dalam menangani timnas.

Namun, Del Bosque memahami masih ada faktor yang bisa mencegah Guardiola melatih Spanyol, terutama karena Guardiola sudah terikat kontrak dengan City selama tiga musim ke depan.


Editor : Jalu Wisnu Wirajati
Sumber : Suddeutsche Zeitung


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X