Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

International Champions Cup Diikuti 17 Klub

By Sabtu, 16 Juli 2016 | 08:14 WIB
Para pemain Real Madrid dan Atletico Madrid tengah berduel dalam laga final Liga Champions, di Stadion San Siro, Milan, pada Sabtu (28/5/2016) waktu setempat.
PIERRE-PHILIPPE MARCOU/AFP
Para pemain Real Madrid dan Atletico Madrid tengah berduel dalam laga final Liga Champions, di Stadion San Siro, Milan, pada Sabtu (28/5/2016) waktu setempat.

Pada dasarnya, International Champions Cup adalah serangkaian pertandingan pramusim untuk klub-klub Eropa sebelum liga sesungguhnya dimulai. ICC digelar mulai 2013 dan menjadi ajang tahunan hingga kini.

Penulis : Dian Savitri

Awalnya, ICC diikuti oleh klub-klub dari Eropa. Pertandingan digelar di Amerika Serikat dan Eropa. Mulai 2015, ICC melebar ke Australia dan China. Otomatis, peserta pun bertambah. Pada 2013, peserta adalah delapan klub dari dua konfederasi, bermain di tujuh kota di AS dan Spanyol.

Tahun berikutnya, peserta tetap delapan klub dan hanya klub-klub Eropa. Lokasi pertandingan masih di AS ditambah Kanada. Edisi 2015, peserta mulai bertambah menjadi 15 dari Eropa, AS, dan Meksiko. Semua pertandingan digelar di 18 kota yang berada di China, Australia, AS, dan Eropa.

Tahun ini ICC digelar pada 22 Juli hingga 13 Agustus. Diikuti oleh 17 klub. Digelar di 16 kota di AS, Eropa, Australia, dan China. Untuk pertama kalinya, klub dari Australia ikut serta, yaitu Melbourne Victory. Kalau dilihat dari klub-klub partisipan, ICC tahun ini jadi mirip dengan Liga Champion versi mini.

Ada beberapa klub yang merupakan pendatang baru di ajang ini, selain Melbourne Victory. Misalnya juara Inggris, Leicester City, dan runner-up Liga Champion 2016, Atletico Madrid.

Baca Juga:

Leicester ikut dalam zona Amerika dan Eropa. Ada tiga pertandingan yang akan mereka lakukan, yaitu melawan Celtic, Paris Saint-Germain, dan Barcelona.

Atletico akan terbang jauh ke belahan selatan bumi, ke Australia. Di sana, mereka hanya berlaga di satu pertandingan, melawan Tottenham Hotspur. Meski demikian, publik Australia, khususnya di Melbourne, sudah sangat menantikan penampilan Atletico, apalagi jika Antoine Griezmann juga ikut bermain.

"Para suporter sepak bola di Australia ingin melihat klubklub besar Eropa bermain di Melbourne. Atletico adalah salah satu merek terkenal di dunia dan salah satu klub kuat di Spanyol. Tahun lalu, Melbourne Cricket Ground diisi 220 ribu orang untuk tiga pertandingan dan kami ingin melakukannya lagi,” kata John Eren, Menteri Olahraga Australia, seperti dikutip dari situs resmi ICC.

Selain Atletico dan Spurs, Melbourne juga didatangi oleh juara Serie A musim 2015/16, Juventus. 


Editor : Jalu Wisnu Wirajati
Sumber : Tabloid BOLA No.2.680


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X