Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Dua Opsi Pelatnas Timnas Merah Putih

By Jumat, 15 Juli 2016 | 18:33 WIB
Pelatih timnas Indonesia, Alfred Riedl berada di tribune VIP Stadion Tri Dharma, Gresik saat Persegres menjamu Sriwijaya FC, Minggu (12/6/2016) malam.
SUCI RAHAYU/JUARA.net
Pelatih timnas Indonesia, Alfred Riedl berada di tribune VIP Stadion Tri Dharma, Gresik saat Persegres menjamu Sriwijaya FC, Minggu (12/6/2016) malam.

Pelatih Alfred Riedl hanya memiliki waktu empat bulan lagi untuk mempersiapkan timnas sebelum terjun di Piala AFF 2016 di Myanmar-Filipina, 19 November-17 Desember.

Penulis: Kukuh Wahyudi

Jendela waktu ini jelas terbilang sangat pendek mengingat target yang dipatok adalah melangkah ke final.

Bila dibandingkan dengan persiapan negara-negara pesaing, posisi Indonesia masih di bagian belakang.

Sebagai contoh, Vietnam dan Malaysia saja telah menjalani program pelatnas yang jelas dengan rangkaian uji coba yang ideal.

Sementara Indonesia masih berkutat dalam pematangan konsep pelatnas. Adanya Torabika Soccer Championship (TSC) menjadi dilema. Di satu sisi, TSC menjadi solusi dari ketiadaan kompetisi.

Di sisi lain, klub akan berpikir dua kali melepas pemain untuk timnas jika momennya tidak tepat. Ada dua opsi pelatnas yang berkaitan dengan TSC.

Pertama, tetap melanjutkan TSC dengan membatasi pemanggilan pemain dari setiap klub (dua-tiga pemain). Kedua, menghentikan TSC agar pemanggilan pemain tak mendapatkan “hadangan” dari klub.

"Opsi itu benar. Kami merencanakan ada pertemuan dengan klub pada 21-22 Juli untuk membahas hal itu," kata Joko Driyono, Dirut PT Gelora Trisula Semesta (GTS). Merespons kondisi terkini, PSSI cenderung bersikap pasif.

“Nantinya klub yang akan menentukan dengan GTS,” kata Azwan Karim, Sekjen PSSI.


Editor : Firzie A. Idris
Sumber : Tabloid BOLA


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X