Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Timnas Indonesia Sejajar dengan Negara Kualifikasi di Piala AFF 2016

By Verdi Hendrawan - Kamis, 14 Juli 2016 | 09:35 WIB
Pemain Indonesia meluapkan emosinya usai memenangi pertandingan Final Piala AFF U19 di Stadion Deltra Sidoarjo, Jawa Timur, Minggu (22/9/2013).
DOK.BOLA
Pemain Indonesia meluapkan emosinya usai memenangi pertandingan Final Piala AFF U19 di Stadion Deltra Sidoarjo, Jawa Timur, Minggu (22/9/2013).

Undian Piala AFF 2016 baru akan dilakukan pada 2 Agustus mendatang. Indonesia yang baru lepas dari sanksi FIFA, disejajarkan dengan negara-negara yang harus terlebih melalui babak kualifikasi untuk bisa main di putaran final turnamen dua tahunan ini.

Piala AFF 2016 akan digelar pada 19 November hingga 17 Desember mendatang. Myanmar dan Filipina dipercaya menjadi tuan rumah pada edisi ke-11 turnamen sepak bola antar negara-negara ASEAN itu.

Indonesia dimasukkan pada unggulan keempat atau terbawah dalam pembagian pot undian Piala AFF 2016. Hal ini membuat skuat Garuda sudah dipastikan akan tergabung di grup neraka.

Baca Juga:

Berada di pot terakhir membuat Indonesia memiliki potensi tergabung dengan negara-negara unggulan, seperti juara bertahan Thailand dan Vietnam di fase grup.

Indonesia bersanding dengan satu negara yang akan berpartisipasi pada Piala AFF 2016 melalui fase kualifikasi. Negara tersebut adalah Timor Leste, Brunei, Laos, dan Kamboja.

Keempat negara tersebut akan memperebutkan satu tempat di putaran final Piala AFF. Mereka akan melakoni kualifikasi pada Oktober 2016 di Kamboja.

Berikut pembagian pot undian Piala AFF 2016:

Pot 1: Filipina dan Myanmar (keduanya tuan rumah)
Pot 2: Thailand (juara bertahan) dan Malaysia
Pot 3: Singapura dan Vietnam
Pot 4: Indonesia dan negara juara kualifikasi

Meski memalukan, tetapi hal ini jauh lebih baik dari anggapan semula. Sebelumnya, Indonesia sempat diperkirakan bakal mengikuti kualifikasi karena menempati peringkat ke-10 dari 11 dari daftar ranking FIFA untuk kawasan Asia Tenggara.

[video]http://video.kompas.com/e/5033208487001_v1_pjuara[/video]


Editor : Estu Santoso
Sumber : wikipedia


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X