Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Jelang Olimpiade, Argentina Malah Ditinggal Pelatih

By Anju Christian Silaban - Rabu, 6 Juli 2016 | 03:08 WIB
Pelatih timnas Argentina, Gerardo Martino, berbicara dalam jumpa pers menjelang duel semifinal Copa America lawan Amerika Serikat di Houston, 21 Juni 2016.
FREDERIC J. BROWN/AFP
Pelatih timnas Argentina, Gerardo Martino, berbicara dalam jumpa pers menjelang duel semifinal Copa America lawan Amerika Serikat di Houston, 21 Juni 2016.

Tim nasional Argentina kembali mengalami goncangan setelah Lionel Messi memutuskan pensiun. Terakhir, Gerardo Martino menanggalkan jabatan pelatih, Selasa (5/7/2016).

Keputusan Martino dilatarbelakangi kekecewaan terhadap Federasi Sepak Bola Argentina (AFA). Federasi dianggap tidak melakukan persiapan matang untuk Olimpiade musim panas di Rio de Janeiro, 3 Agustus sampai 20 Agustus 2016.

Maklum, AFA memang tengah dirundung krisis akibat dugaan penyalahgunaan dana publik dan intervensi pemerintah. Oleh karenanya, FIFA memutuskan untuk mengambil alih organisasi berusia 123 tahun itu.

Dilaporkan ESPN, Martino telah berbicara dengan Wakil Presiden AFA Claudio Tapia untuk mengutarakan kekecewaannya, Selasa. Dalam kesempatan itu, dia juga menyatakan mundur bersama seluruh staf pendukungnya.

"Jajaran pelatih tim nasional menyerahkan pengunduran diri," bunyi pernyataan AFA pada hari yang sama.

"Ada ketidakpastian setelah penunjukan kepengurusan baru di AFA dan masalah serius dalam penyusunan tim yang akan tampil di Olimpiade sehingga mereka mengambil keputusan begitu," demikian pernyataan AFA.

Baca Juga:

Dengan begitu, Copa America 2016 menjadi penutup kiprah Martino bersama Argentina. Tim Tango, julukan mereka, kalah dari Cile melalui adu penalti di final.

Kegagalan tersebut mendorong Messi untuk gantung sepatu dari tim nasional. Sudah empat kali, Messi mengalami kekalahan di final bersama negaranya.

Martino sendiri mengasuh Argentina sejak Agustus 2014 atau setelah kekalahan di final Piala Dunia. Di bawah pelatih berusia 53 tahun itu, tim Tango meraih 20 kemenangan dan 5 kekalahan dalam 29 pertandingan.

[video]http://players.brightcove.net/4386485688001/5f5050ba-12eb-4380-b837-257aded67fbc_default/index.html?videoId=5004879422001&preload=none[/video]


Editor :
Sumber : ESPN, fourfourtwo


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X