Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

RFEF Resmi Umumkan Pengunduran Diri Del Bosque

By Wisnu Nova Wistowo - Senin, 4 Juli 2016 | 21:16 WIB
Pelatih tim nasional Spanyol, Vicente Del Bosque, berbicara kepada media usai pertandingan persahabatan menghadapi Italia di Stadio Friuli, Udine, Italia, pada 24 Maret 2016.
CLAUDIO VILLA/GETTY IMAGES
Pelatih tim nasional Spanyol, Vicente Del Bosque, berbicara kepada media usai pertandingan persahabatan menghadapi Italia di Stadio Friuli, Udine, Italia, pada 24 Maret 2016.

Federasi sepak bola Spanyol, RFEF, secara resmi mengonfirmasi pengunduran diri Vicente del Bosque (65) sebagai pelatih tim nasional berjulukan La Furia Roja, Senin (4/7/2016) waktu setempat.

Pekan lalu Del Bosque sudah memberikan pernyataan tidak berniat untuk tetap menjabat sebagai pelatih timnas Spanyol. Penyebabnya adalah kegagalan La Furia Roja pada ajang Piala Eropa 2016.

Ikatan kontrak De Bosque dengan timnas juga akan selesai pada akhir bulan ini. Kini federasi sepak bola Spanyol pun resmi mengumumkan pengunduran diri mantan pelatih Real Madrid tersebut.

"Vicente del Bosque tidak akan melanjutkan karier sebagai pelatih tim nasional. Presiden RFEF, Angel Maria Villar dan Vicente del Bosque melakukan pertemuan pada 4 Juli di Madrid," tulis pernyataan resmi RFEF.

"Del Bosque menyampaikan pernyataannya ke presiden RFEF untuk tidak melanjutkan jabatan sebagai pelatih tim nasional."

Baca Juga:

Akan tetapi, RFEF juga memastikan Del Bosque menerima tawaran untuk tetap bekerja dan menjadi bagian dari federasi sepak bola Spanyol. Namun, belum diketahui peran yang akan dijalankan Del Bosque.

Del Bosque merupakan pelatih tersukses dalam sejarah sepak bola Spanyol. Di bawah kendalinya Spanyol sukses memenangi gelar Piala Dunia 2010 dan Piala Eropa 2012.

Sepanjang kariernya sebagai pelatih Spanyol, ia memiliki catatan 87 kemenangan, 10 hasil imbang, dan mengalami 17 kekalahan. Di bawah arahannya Spanyol juga bisa mencetak 254 gol dan 79 kali kebobolan.

Del Bosque juga mengonfirmasi sudah membuat keputusan untuk pensiun dari dunia kepelatihan. Keputusan tersebut sudah dipikirkannya matang-matang.


Editor : Aloysius Gonsaga
Sumber : RFEF


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X