Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Rosberg Dapat Hukuman Setelah Bersenggolan dengan Hamilton

By Delia Mustikasari - Senin, 4 Juli 2016 | 06:20 WIB
Pebalap Mercedes, Nico Rosberg dan Lewis Hamilton dan pebalap Force India, Nico Hulkenberg (dari kiri ke kanan), melambaikan tangan setelah meraih posisi tiga besar pada kualifikasi GP Austria di Red Bull Ring, Sabtu (2/7/2016).
MARK THOMPSON/GETTY IMAGES
Pebalap Mercedes, Nico Rosberg dan Lewis Hamilton dan pebalap Force India, Nico Hulkenberg (dari kiri ke kanan), melambaikan tangan setelah meraih posisi tiga besar pada kualifikasi GP Austria di Red Bull Ring, Sabtu (2/7/2016).

Pebalap Mercedes, Nico Rosberg, dinyatakan bersalah dan mendapat hukuman penalti waktu 10 detik setelah terlibat insiden dengan rekan satu timnya, Lewis Hamilton, pada lap terakhir balapan GP Austria yang berlangsung di Red Bull Ring, Minggu (3/7/2016).

Rosberg dan Hamilton bersenggolan pada tikungan 2 lap ke-71 ketika tengah memperebutkan finis di urutan pertama. Akibat insiden tersebut, Rosberg harus tertatih-tatih untuk bisa masuk garis finis karena mobilnya mengalami kerusakan.

Rosberg dinyatakan bersalah dan dia tidak kehilangan posisinya saat finis di urutan keempat. Rosberg unggul 14 detik dari Daniel Ricciardo (Red Bull) ketika melintasi garis finis.

Usai balapan, steward Federasi Otomobil Internasional (FIA) langsung melakukan penyelidikan atas insiden yang melibatkan dua pebalap Mercedes tersebut.

"Setelah mendapat bukti ekstensif dari kedua pebalap, video, dan data telemetri, terlihat jelas bahwa mobil 44 (Hamilton) ada di depan mobil 6 (Rosberg)," kata steward dalam pernyataan resminya.

"Pebalap mobil 44 bisa berjalan mulus melewati tikungan 2 di lintasan jika tidak ada senggolan. Mobil 6 tidak memberikan ruang balap untuk mobil 44, sehingga mobil 6 bertanggung jawab atas insiden ini," demikian pernyataan steward yang dilansir Crash.

Selain hukuman tersebut Rosberg mendapatkan dua poin penalti musim ini karena meneruskan balapan dengan mobil rusak sehingga menyisakan serpihan di lintasan.

Hukuman bagi Rosberg bisa lebih berat, tetapi steward juga menilai pebalap asal Jerman ini sudah berusaha untuk mengurangi kecepatan dan memperkecil potensi buruk bagi pebalap lain di belakangnya.


Editor : Delia Mustikasari
Sumber : crash.net


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X