Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Ricky/Rexy: Berlaga di Olimpiade Butuh Tekad Pribadi

By Lariza Oky Adisty - Kamis, 23 Juni 2016 | 22:02 WIB
Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PBSI, Rexy Mainaky, dalam acara Forum Diskusi Tabloid BOLA,
WESHLEY HUTAGALUNG/JUARA.NET
Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PBSI, Rexy Mainaky, dalam acara Forum Diskusi Tabloid BOLA,

Atlet yang berlaga di Olimpiade akan memanggul harapan dan ekspektasi dari negara, media, dan publik. Namun, semua faktor itu tidak akan ada artinya tanpa ada keinginan dari diri sendiri untuk bermain semaksimal mungkin.

Mantan pasangan ganda putra Indonesia, Ricky Subagdja/Rexy Mainaky, pernah berada dalam posisi demikian ketika hendak bertanding di Olimpiade 1996 Atlanta.

Mereka melaju ke final dan meraih medali emas setelah menang atas Cheah Soon Kit/Yap Kim Hock (Malaysia).

Ricky dan Rexy membagikan pengalaman mereka berhadapan dengan tekanan dan ekspektasi publik dalam Forum Diskusi Tabloid BOLA "Potensi Emas Bulu Tangkis di Olimpiade Rio 1996" di kantor BOLA, Jakarta, Kamis (23/6/2016).

Ricky menceritakan bahwa ketika itu dia dan Rexy sempat merasa cemas akan gagal di Olimpiade 1996.

"Di Olimpiade 1992 Barcelona, kami kandas di perempat final. Empat tahun kemudian, kami menjadi ganda putra utama dan menang di semua turnamen sebelum Olimpiade. Saya dan Rexy sempat takut, bagaimana kalau setelah itu kami justru gagal lagi di Olimpiade?" tutur Ricky tentang pengalamannya.

Selain perasaan cemas, Ricky/Rexy juga pergi ke Atlanta diiringi harapan mereka bisa mengulang prestasi Alan Budikusuma dan Susi Susanti yang meraih emas di Olimpiade 1992.

Baca Juga:

Akan tetapi, menurut Ricky, semua hal itu hanya motivasi tambahan.

"Sejak 1992, masyarakat berharap ada tradisi emas di Olimpiade. Itu saja sudah berat. Namun, kalau dari dalam diri sendiri kita sudah yakin untuk berbuat terbaik dan bukan karena tekanan dari berbagai pihak, penampilan terbaik kita akan keluar," kata Ricky yang sekarang menjabat sebagai Kepala Sub-bidang Pelatnas tersebut.


Editor : Firzie A. Idris
Sumber : juara


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X