Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Pemain Persija Buka Puasa Makan Gorengan, Dokter Tim Beri Klarifikasi

By Segaf Abdullah - Kamis, 9 Juni 2016 | 12:15 WIB
Presiden Persija, Ferry Paulus bersama dr Nanang Tri Wahyudi SpKO (kiri) dalam sesi latihan pagi skuat Macan Kemayoran di Lapangan Villa 2000, Pamulang, Tangerang Selatan, Senin (11/4/2016).
ESTU SANTOSO/JUARA.NET
Presiden Persija, Ferry Paulus bersama dr Nanang Tri Wahyudi SpKO (kiri) dalam sesi latihan pagi skuat Macan Kemayoran di Lapangan Villa 2000, Pamulang, Tangerang Selatan, Senin (11/4/2016).

Dokter tim Persija, dr. Nanang Tri Wahyudi SpKO, mengklarifikasi soal menu buka puasa yang dikonsumsi para pemain tim berjulukan Macan Kemayoran tersebut. Sebelumnya, Ismed Sofyan dkk kedapatan mengonsumsi gorengan seusai latihan perdana pada bulan Ramadan, Selasa (7/5/2016).

Mengatur pola makan saat Ramadan memang menjadi kewajiban khususnya bagi setiap atlet. Pasalnya, hal tersebut akan sangat memengaruhi kinerja tubuh seseorang, apalagi untuk mereka yang dituntut memiliki ketahanan fisik yang baik.

Pemandangan menarik terlihat ketika para pemain Persija menyantap gorengan sebagai menu 'pembatalan' puasa mereka. Masalahnya, makanan yang notabene mengandung minyak berlebih itu sudah pasti akan menganggu kinerja fisik pemain asal Ibu Kota itu.

"Saat itu, ada yang iseng saja membawa gorengan dan hal tersebut di luar instruksi kami."

Dokter Tim Persija, dr Nanang Tri Wahyudi SpKO

Dokter Nanang mengungkapkan, soal para pemain Persija yang berbuka puasa dengan menyantap gorengan adalah sesuatu yang di luar instruksinya.

Eks dokter tim Arema Cronus itu pun menegaskan bahwa tim pelatih sudah mewanti-wanti agar para pemain berbuka puasa dengan santapan yang lebih bergizi.

"Saat itu, ada yang iseng saja membawa gorengan dan hal tersebut di luar instruksi kami. Sebelumnya, kami sudah mengistruksikan para pemain untuk berbuka puasa dengan pisang, kurma, atau minuman yang mengandung ion," kata dokter Nanang, Rabu (8/6/2016).

"Jika para pemain banyak mengonsumsi makanan berminyak, darah akan menjadi kental, mudah merasa haus, dan akan mengganggu kondisi fisik mereka. Maka dari itu, pemain seharusnya fokus melahap buah, minuman isotonik, atau kurma," ujarnya.

Baca juga:

Namun, dokter Nanang juga mengakui jika dia tidak bisa setiap detik untuk memantau pola konsumsi para pemain Persija.

"Kami hanya bisa sebatas mengingatkan. Soalnya, kami tidak berada di mes bersama para pemain. Tetapi, saat tim berada di hotel, kami akan mengatur pola makan mereka sebaik mungkin," ucap dokter Nanang.


Editor : Estu Santoso
Sumber : juara


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X