Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Keterbukaan, Kunci Sukses Pesepak Bola Luar Negeri

By Lariza Oky Adisty - Sabtu, 28 Mei 2016 | 16:45 WIB
Giovane Elber berpose di tengah para peserta sesi Coach to Coach Allianz Junior Football Camp 2016 di Jakarta, 28 Mei 2016.
BERI BAGJA/JUARA.net
Giovane Elber berpose di tengah para peserta sesi Coach to Coach Allianz Junior Football Camp 2016 di Jakarta, 28 Mei 2016.

Giovane Elber adalah salah satu contoh pesepak bola yang mengecap kesuksesan di luar negaranya. Dalam kunjungannya di Jakarta, Sabtu (28/5/2016), mantan striker Bayern Muenchen asal Brasil itu membagikan kunci suksesnya bertahan di negara Eropa.

Setelah hengkang dari kampung halamannya di Londrina, Brasil pada usia 18, Elber melanglang buana ke Eropa selama bertahun-tahun. Menurut Elber, merantau ke negara Eropa bukan hal mudah.

"Pemain dari Brasil seperti saya harus menyesuaikan diri dengan kebudayaan dan bahasa yang baru, belum lagi cuaca dingin," kata Elber di sela acara Allianz Junior Football Camp di Kuningan, Jakarta, Sabtu (28/5/2016). 

Demi bisa bertahan di lingkungan baru, seorang pesepak bola harus mau bergaul dan membuka diri dengan orang-orang di sekitar.

Baca Juga:

Mengenal lingkungan akan membantu membentuk mentalitas para pemain.

"Untuk bisa bermain di negara lain, pemain butuh mengerti situasi negara tersebut dan butuh punya mental kuat. Kalau hanya berlatih sepanjang hari, bagaimana dia bisa mengenal lingkungan sekitarnya?" tutur Elber.

Elber sudah menerapkan hal tersebut di masa perantauan.

Pemain yang turut mengantarkan Bayern meraih gelar Liga Champions itu rela menghabiskan waktu belajar bahasa Italia dan Jerman untuk beradaptasi.

"Kalau bisa menguasai bahasa tempat kita bermain, sangat mudah untuk berkomunikasi dengan pelatih, pemain, dan orang-orang di sekitar, sampai membaca berita yang ada. Mengenal kultur negara akan membantu kita memiliki mentalitas yang sama," ujar Elber.


Editor : Jalu Wisnu Wirajati
Sumber : juara


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X