Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Bendera Estelada Dilarang, Fans Barcelona Bakal Kibarkan Bendera Skotlandia

By Ferril Dennys Sitorus - Jumat, 20 Mei 2016 | 19:35 WIB
Suporter Barcelona akan mengibarkan bendera Skotlandia pada pertandingan final Copa del Rey melawan Sevilla, Minggu (22/5/2016).
Dok. Marca
Suporter Barcelona akan mengibarkan bendera Skotlandia pada pertandingan final Copa del Rey melawan Sevilla, Minggu (22/5/2016).

Suporter Barcelona akan mengibarkan bendera Skotlandia berwarna biru-putih dalam pertandingan final Copa del Rey melawan Sevilla di Stadion Vicente Calderon, Minggu (22/5/2016). Rencana ini merupakan bentuk perlawanan suporter Barca terhadap keputusan pemerintah Spanyol.

Pada Rabu (18/5/2016), pemerintah Spanyol mengeluarkan larangan pengibaran bendera seperatis Catalonia atau La Strella Estelada.

Larangan tersebut dilatari kekhawatiran pemerintah bahwa laga final akan ditunggangi kepentingan politik. Apalagi, Raja Spanyol Felipe dijadwalkan menghadiri laga final yang akan digelar di Stadion Vicente Calderon nanti.

Selama ini, bendera bergaris kuning dan merah tersebut dianggap simbol perlawanan rakyat Catalan yang ingin merdeka.

Terkait keputusan tersebut, klub Barcelona menganggap pemerintah Spanyol telah mencederai kebebasan berekspresi. Suporter Barcelona juga tidak berdiam diri.

Mereka berencana melakukan perlawanan dengan mengibarkan 10.000 Skotlandia yang akan didistribusikan oleh anggota Parlemen Catalan sebelum pertandingan.

Bendera tersebut tertuliskan sebuah pesan, "Anda bisa melarang bendera kami tetapi Anda tidak bisa membatasi kebebasan kami."

Nantinya, bendera Skotlandia tersebut akan dikibarkan sebelum pertandingan dan pada menit ke-17,14 detik di setiap babak.

Angka 1714 adalah tanggal penting untuk rakyat Catalan.

Lalu kenapa suporter Barcelona lebih memilih bendera Skotlandia? Mereka memandang perjuangan Catalan sama dengan usaha Skotlandia berpisah dengan Inggris Raya.

 [video]http://players.brightcove.net/4386485688001/5f5050ba-12eb-4380-b837-257aded67fbc_default/index.html?videoId=4902662181001&preload=none[/video]


Editor : Firzie A. Idris
Sumber : Marca


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X