Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Liverpool 2015-2016: Terlambat Tunjuk Juergen Klopp

By Sabtu, 21 Mei 2016 | 10:23 WIB
Senyum Manajer Liverpool, Juergen Klopp, ke arah penonton di Anfield jelang laga versus Chelsea, Rabu (11/5/2016).
PAUL ELLIS /AFP
Senyum Manajer Liverpool, Juergen Klopp, ke arah penonton di Anfield jelang laga versus Chelsea, Rabu (11/5/2016).

Liverpool FC membuat sebuah keputusan terlambat. Juergen Klopp didatangkan ketika musim telah bergulir buat menggantikan Brendan Rodgers.

Penulis: Anggun Pratama

Awal 2015-2016 diwarnai pesimisme dari para penggemar Liverpool. Hal itu berkaitan dengan status Brendan Rodgers. Bukan tak berterima kasih, fan menilai efek magi Rodgers sudah habis buat Liverpool.

Hal ini terkait dengan torehan yang didapat Liverpool pada musim lalu. Setelah secara spektakuler nyaris juara pada 2013-2014, di musim 2014-2015 Si Merah cuma finis di peringkat enam.

Laga akhir musim juga berujung bencana karena Liverpool kalah 1-6 dari Stoke.

Belanja di awal musim masih tak sanggup mengangkat semangat penggemar. James Milner, Christian Benteke, Nathaniel Clyne sampai Danny Ings dinilai bukan jawaban tim bila ingin kembali ke papan atas.

Hanya pembelian Roberto Firmino yang tampak sesuai dengan gaya bermain Liverpool. Benar saja. Performa Liverpool seperti tak beranjak dari musim lalu hingga akhirnya Rodgers dipecat pada Oktober 2015.

Penggantinya adalah Juergen Klopp. Efek positif sempat terlihat, tetapi Liverpool terlalu inkonsisten.

Masalah inkonsistensi tersebut masih terlihat hingga akhir musim ini yang membuat tim finis di peringkat delapan, turun dua titik dari musim lalu.

Namun, berbeda dengan mood di akhir musim 2014-2015, kini aura optimisme terpancar dari dalam tim. Sejak Klopp datang, ia mengubah mentalitas tim dari peragu menjadi tim yang punya keyakinan.

Di era Klopp, Si Merah mentas di dua final: Piala Liga dan Liga Europa.

[video]http://video.kompas.com/e/4894952090001_ackom_pballball[/video]


Editor : Beri Bagja
Sumber : Tabloid BOLA No. 2.667


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X