Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Bendera Estelada Dilarang Berkibar di Final Copa del Rey

By Ferril Dennys Sitorus - Kamis, 19 Mei 2016 | 17:56 WIB
Bendera Estelada yang merupakan simbol perlawanan rakyat Catalonia.
Dok. Telegraph
Bendera Estelada yang merupakan simbol perlawanan rakyat Catalonia.

Barcelona mengklaim pemerintah Spanyol telah mengganggu kebebasan berekspresi menyusul keputusan mereka melarang adanya bendera separatis Catalonia pada pertandingan final Copa del Rey, Minggu (22/5/2016).

Pemerintah Spanyol mengeluarkan larangan pengibaran bendera Estelada pada Rabu (18/5/2016). Polisi Spanyol diminta untuk menggeledah setidaknya 19.000 suporter Barcelona yang kemungkinan membawa bendera Estelada.

Larangan tersebut dilatari kekhawatiran pemerintah bahwa laga final akan ditunggangi kepentingan politik. Apalagi, Raja Spanyol Felipe dijadwalkan menghadiri laga final yang akan digelar di Stadion Vicente Calderon nanti.

Selama ini, bendera bergaris kuning dan merah tersebut dianggap simbol perlawanan rakyat Catalan yang ingin merdeka.

Barcelona menilai keputusan tersebut telah mencederai kebebasan berekspresi. Hal senada disampaikan Carles Mundo sebagai Sekretaris Pemerintah Catalan.

"Orang-orang memiliki hak untuk mengibarkan estelada dan bertepuk tangan atau berteriak pada siapa yang mereka suka," tuturnya.

Ini bukan kali pertama suporter Barca dilarang membawa bendera Estelada. Pada 2015, Barcelona didenda sebesar 30.000 euro atas tindakan suporternya membentangkan bendera pro-catalan pada laga final Liga Champions melawan Juventus.

[video]http://video.kompas.com/e/4894954418001_ackom_pballball[/video]


Editor :
Sumber : Sky Sport, Telegraph


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X