Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Profil Finalis, Liverpool Kembalikan Magi Penaklukkan Eropa

By Septian Tambunan - Rabu, 18 Mei 2016 | 13:58 WIB
Para pemain Liverpool merayakan gol ke gawang Villarreal dalam laga leg kedua semifinal Liga Europa di Stadion Anfield, Liverpool, Inggris, 5 Mei 2016.
RICHARD HEATHCOTE/GETTY IMAGES
Para pemain Liverpool merayakan gol ke gawang Villarreal dalam laga leg kedua semifinal Liga Europa di Stadion Anfield, Liverpool, Inggris, 5 Mei 2016.

Bagi Liverpool FC, kompetisi Eropa merupakan santapan lezat yang akrab dengan mereka. Klub beralias The Reds ini dikenal dengan pengumpul beragam gelar bergengsi Benua Biru.

Lima titel Liga Champions pada 1977, 1978, 1981, 1984, dan 2005 menempatkan mereka di posisi ke-3 pengoleksi terbanyak Si Kuping Besar.

Mereka setara dengan Bayern Muenchen dan FC Barcelona, serta hanya kalah dari Real Madrid (10 trofi) dan AC Milan (7).

Dimana nama klub Premier League lainnya? Praktis cuma Manchester United, yang bisa mendekati Liverpool dengan torehan tiga gelar.

Berlanjut ke Piala UEFA (Liga Europa), lagi-lagi The Reds berada di deretan teratas. Mereka sukses menggenggam gelar kasta kedua Eropa ini sebanyak tiga kali (1973, 1976, 2001).

 


Pemain Liverpool, Jordan Henderson, Philippe Coutinho, Simon Mignolet, Jon Flanagan, Gemma Bonner, dan Natasha Hardling mengenakan seragam baru untuk musim 2016-2017. (dok. Liverpool)

Mereka selevel dengan Juventus dan Inter Milan, serta hanya tertinggal satu titel dari Sevilla CF.

Tottenham Hotspur menjadi klub Premier League lain yang menempel catatan Liverpool di ajang tersebut, yakni dengan koleksi dua gelar.

Kendati sering melahap Eropa, publik Anfield sudah sangat rindu dengan gelar. Final di Basel, Rabu (18/5/2016) malam waktu setempat menjadi peluang emas bagi Liverpool untuk berpesta.

Lantas, bagaimana perjalanan gemilang Liverpool hingga bisa berada di partai puncak?


Editor : Jalu Wisnu Wirajati
Sumber : Berbagai sumber


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X