Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Dani Alves dan Jordi Alba, Bek La Liga Paling Rajin Ciptakan Assist

By Lariza Oky Adisty - Minggu, 15 Mei 2016 | 06:35 WIB
Bek Barcelona, Dani Alves merayakan gol Luis Suarez ke gawang Granada, Sabtu (14/5/2016).
CRISTINA QUICLER/AFP
Bek Barcelona, Dani Alves merayakan gol Luis Suarez ke gawang Granada, Sabtu (14/5/2016).

Dua bek FC Barcelona, Jordi Alba dan Dani Alves tidak ketinggalan mencatat pencapaian istimewa dalam kemenangan klub Catalan tersebut. Dengan total 14 assist di La Liga, Alba dan Alves menjadi dua bek dengan assist terbanyak musim ini.

Sepanjang musim, Alves memberikan delapan assist, sementara Alba mencatat enam assist. Jumlah tersebut melebihi umpan dari bek-bek lain di La Liga.

Khusus untuk Alves, umpannya untuk gol kedua Suarez saat Barcelona menang 3-0 atas Granada, Sabtu (14/5/2016) merupakan umpan ke-100 yang pernah dibuatnya sepanjang berkarier di La Liga.

Dia hanya kalah dari rekan setimnya, Lionel Messi dan mantan pemain Real Madrid, Luis Figo.

Jika menilik daftar pemberi umpan terbanyak Barcelona selama tiga tahun terakhir, nama Alves selalu muncul di 10 Besar pemberi assist terbanyak tiap musim.

Bek asal Brasil tersebut hanya kalah oleh rekan-rekan setim yang berposisi sebagai gelandang dan penyerang, seperti Lionel Messi, Neymar, Luis Suarez, Xavi Hernandez atau Andres Iniesta.

Bahkan, pada musim 2011-2012, Alves mencatat 11 assist. Dia menjadi pengumpan kedua terbanyak setelah Messi (12), dan melewati catatan Iniesta (9), Cesc Fabregas (8), dan Xavi Hernandez (7).

Total, sejak musim 2012-2013 hingga 2015-2016, Alves sudah memberikan 26 assist. Adapun Alba sudah memberi 16 umpan sejak debutnya berseragam Barcelona pada musim 2012-2013.
 


Editor : Lariza Oky Adisty
Sumber : Whoscored, Opta


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X