Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Balai Persis, Saksi Sejarah Sepak Bola Solo

By Minggu, 15 Mei 2016 | 11:26 WIB
Balai Persis, berhiaskan patung Soeratin di bagian halaman.
DOK. TABLOID BOLA/GONANG SUSATYO
Balai Persis, berhiaskan patung Soeratin di bagian halaman.

Sebuah bangunan tua berdiri tepat di perempatan Monumen Pers Nasional dan berseberangan dengan rumah dinas Wali Kota Surakarta. Bangunan tersebut adalah Balai Persis yang juga merupakan saksi sejarah klub perserikatan yang kini telah bermetamorfosa menjadi klub profesional, Persis Solo.

Penulis: Gonang Susatyo

Balai Persis berdiri di tanah seluas 1600 meter persegi dan terletak di Jalan Gajah Mada no. 73, Solo.

Balai tersebut sudah berdiri sejak era kolonialisme Belanda. Lalu mengapa disebut balai?

“Kita kerap menyebut balai kota yang merupakan pusat pemerintahan setempat. Begitu pula Balai Persis yang dianggap sebagai pusat Persis dan pusat sepak bola pada umumnya,” ungkap Heri Gogor Isranto, salah satu pengurus senior di Persis.

“Tapi masyarakat Solo hanya tahu Balai Persis sebagai sekretariat klub. Padahal, bangunan ini memiliki nilai sejarah yang tinggi. Meski sudah direnovasi, bangunan ini masih asli peninggalan Belanda. Di dalam bangunan ini juga terdapat deretan trofi dan foto-foto pertandingan Persis,” lanjutnya.

Tidak kurang ada 122 trofi yang dipajang di lemari kaca. Bahkan jumlahnya bisa lebih banyak karena ada kemungkinan sebagian trofi masa lalu lainnya tersimpan di tempat lain.


Salah satu pengunjung tengah mencermati trofi -trofi bersejarah Persis.(DOK. TABLOID BOLA/GONANG SUSATYO)

Obat Tjap Macan

Sebagian trofi tampak berupa seperti benda antik karena ada yang diraih sejak Indonesia belum merdeka semisal trofi yang bertuliskan Wissel Beker Obat Tjap Macan.


Editor : Firzie A. Idris
Sumber : Tabloid BOLA No. 2.666


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X