Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

4 Kiper Awet Muda yang Bisa Dicontoh Gianluigi Buffon

By Beri Bagja - Jumat, 13 Mei 2016 | 12:18 WIB
Penjaga gawang Juventus, Gianluigi Buffon, bertepuk tangan di hadapan suporter usai laga leg kedua 16 besar Liga Champions melawan Bayern Muenchen, di Stadion Allianz-Arena, Rabu (16/3/2016) waktu setempat.
CHRISTOF STACHE/AFP
Penjaga gawang Juventus, Gianluigi Buffon, bertepuk tangan di hadapan suporter usai laga leg kedua 16 besar Liga Champions melawan Bayern Muenchen, di Stadion Allianz-Arena, Rabu (16/3/2016) waktu setempat.

Kiper gaek Italia, Gianluigi Buffon (38), resmi memperpanjang kontrak bersama Juventus sampai 2018.

Ketika ikatannya berakhir dua tahun ke depan, Buffon akan berusia genap 40 tahun. Ia pun merencanakan pensiun sebagai pemain jika saat itu tiba.

Situasi ini mengartikan Buffon punya waktu tersisa dua tahun lagi untuk membuktikan dirinya masih bisa diandalkan sebagai kiper nomor satu Juventus dan Italia.

Baca Juga:

"Sangat sedikit penurunan yang terjadi dalam reaktivitas otot tubuh Buffon. Faktanya, dia seperti dalam level kemampuan pemain berusia 25 tahun," ucap pakar olahraga dan fisiologi Universitas Milan, Arsenio Veicstenas.

Dalam sejarah sepak bola, kiper memang merupakan posisi yang menjanjikan bentangan karier lebih panjang bagi seorang pemain.

Berikut 4 kiper kondang yang 'awet muda' dan tetap mampu berjaya pada usia senja. Buffon mungkin bisa mencontoh ketahanan mereka.

1. Dino Zoff

Acuan pertama Buffon tak jauh-jauh dari rekan senegaranya sekaligus sesama legenda timnas Italia, Dino Zoff.

Ia tercatat sebagai peraih gelar tertua Piala Dunia sebagai pemain. Zoff mencatatkannya bersama Italia di Piala Dunia 1982.

Ketika meraih prestasi itu, pria kelahiran 28 Februari 1942 tersebut berusia 40 tahun!


Editor : Beri Bagja
Sumber : Gazzettaworld


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X