Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Cuma Keajaiban yang Bisa Cegah Luis Suarez Raih Sepatu Emas

By Beri Bagja - Selasa, 10 Mei 2016 | 12:04 WIB
Aksi perayaan gol striker Barcelona, Luis Suarez, usai membobol gawang Sporting Gijon dalam duel La Liga, 23 April 2016.
LLUIS GENE / AFP
Aksi perayaan gol striker Barcelona, Luis Suarez, usai membobol gawang Sporting Gijon dalam duel La Liga, 23 April 2016.

 Sampai pekan ke-37 La Liga musim ini, Luis Suarez telah mencetak 37 gol untuk FC Barcelona. Sepertinya cuma keajaiban yang bisa mencegahnya meraih Sepatu Emas Eropa untuk musim 2015-2016.

Luis Suarez memuncaki daftar top scorer saat La Liga musim ini tinggal menyisakan satu partai.

Koleksi 37 gol milik bomber Uruguay itu terpaut 4 biji di atas megabintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo, dan predator Napoli, Gonzalo Higuain (33 gol).

Suarez pun berdiri paling depan dalam persaingan meraih anugerah Sepatu Emas musim ini. Gelar itu diberikan untuk pencetak gol tersubur pada liga negara-negara Eropa dalam semusim.

62 - Jumlah poin yang dikumpulkan Luis Suarez saat berkostum Liverpool FC pada akhir musim 2013-2014. Saat itu, dia bersama Cristiano Ronaldo (Real Madrid) membagi status peraih Sepatu Emas dengan catatan 31 gol buat klub masing-masing.

Sistem penghitungan dalam klasemen menggunakan faktor pengali berdasar peringkat koefisien liga pada negara bersangkutan menurut UEFA.

Jumlah gol pada kompetisi di lima negara teratas dikalikan dengan angka 2,0. Saat ini, negara tersebut ialah Spanyol (La Liga), Jerman (Bundesliga), Inggris (Premier League), Italia (Serie A), dan Portugal (Primeira Liga).

Negara berperingkat 6-21 mendapat faktor pengali 1,5, sedangkan jumlah gol liga pada negara lain di bawahnya dikalikan 1,0.


Selebrasi penyerang Real Madrid, Cristiano Ronaldo, usai mencetak gol ke gawang Valencia dalam pertandingan La Liga menghadapi Valencia di Stadion Santiago Bernabeu, Madrid, Spanyol, Minggu (8/5/2016).(DENIS DOYLE/GETTY IMAGES)

Dengan demikian, Luis Suarez mendapatkan 74 poin hasil perkalian 37 gol dengan angka 2,0 dari koefisien La Liga. Adapun Ronaldo dan Higuain sama-sama mengumpulkan 66 poin. 

Artinya, CR7 dan Higuain perlu mencetak 5 gol atau menambah 10 poin pada laga pekan terakhir jika ingin bertengger sendirian di puncak klasemen sembari berharap Suarez tidak bikin gol!

5 Besar Klasemen Sepatu Emas

  • Luis Suarez (FC Barcelona): 37 Gol x 2,0 = 74 Poin
  • Cristiano Ronaldo (Real Madrid): 33 gol x 2,0 = 66 Poin
  • Gonzalo Higuain (SSC Napoli): 33 gol x 2,0 = 66 Poin
  • Jonas Goncalves (Benfica): 31 gol x 2,0 = 62 Poin
  • Robert Lewandowski (Bayern Muenchen): 29 gol x 2,0 = 58 Poin


Editor : Beri Bagja
Sumber : Sport.es, UEFA


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X