Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Upaya FIFA 'Satukan' Korea Selatan dan Korea Utara

By Nugyasa Laksamana - Rabu, 27 April 2016 | 18:30 WIB
Presiden FIFA, Gianni Infantino, ketika menghadiri konferensi pers FIFA dan IFAB di St. David's Hotel, Cardiff, Wales, 4 Maret 2016.
GEOFF CADICK/AFP
Presiden FIFA, Gianni Infantino, ketika menghadiri konferensi pers FIFA dan IFAB di St. David's Hotel, Cardiff, Wales, 4 Maret 2016.

Presiden FIFA, Gianni Infantino, menyatakan bakal menggelar pertandingan persahabatan antara dua negara yang kerap berseteru, yakni Korea Selatan dan Korea Utara.

Selama ini, Korea Selatan dan Korea Utara selalu diliputi ketegangan yang berujung pada aksi militer. Hubungan kedua negara memanas sejak puluhan tahun lalu karena perbedaan pandangan politik.

Infantino pun tak ingin hal itu berlanjut. Saat mengunjungi Korea Selatan, Infantino ingin mengurangi tensi tinggi kedua negara melalui jalur sepak bola.

"Kami ingin membawa semua orang bersama-sama ke lapangan sepak bola. Saya siap membantu dengan cara apapun yang diperlukan," ujar Infantino.

Baca Juga:

"Terkadang, kita bisa mewujudkan mimpi menjadi kenyataan," kata pria yang pernah menjabat sebagai Sekretaris Jenderal UEFA itu.

Pertandingan antara tim nasional Korea Selatan dan Korea Utara sudah beberap kalia digelar dalam berbagai ajang. Sejauh ini, keduanya telah berjumpa sebanyak 16 kali.


Kapten Korea Utara, Jang Song-hyok (kanan), bersitegang dengan pemain Korea Selatan, Rim Chang-woo, dalam laga Asian Games di Stadion Munhak, Incheon, 2 Oktober 2014. (Dok. Reuters)

Dari semua pertemuan, Korea Selatan mendulang tujuh kemenangan, delapan imbang, dan sekali kalah.

Kedua Korea terakhir kali bertemu di Wuhan, China, pada 9 Agustus 2015. Kala itu, pertandingan berakhir imbang tanpa gol.



Editor :
Sumber : FourFourTwo


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X