Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

'Winglet' di Mata Rossi dan Lorenzo

By Pipit Puspita Rini - Sabtu, 23 April 2016 | 19:50 WIB
Pebalap Spanyol yang membela tim Movistar Yamaha, Jorge Lorenzo, terlihat berada di paddock saat balapan GP Americas menggelar sesi kualifikasi di Circuit of The Americas (COTA), Austin, Texas, Sabtu (9/4/2016) siang waktu setempat dan Minggu dini hari WIB.
GETTY IMAGES/GETTY IMAGES NORTH AMERICA/AFP PHOTO
Pebalap Spanyol yang membela tim Movistar Yamaha, Jorge Lorenzo, terlihat berada di paddock saat balapan GP Americas menggelar sesi kualifikasi di Circuit of The Americas (COTA), Austin, Texas, Sabtu (9/4/2016) siang waktu setempat dan Minggu dini hari WIB.

Pebalap Movistar Yamaha, Jorge Lorenzo, mengaku merasakan perbedaan yang cukup nyata ketika ada tambahan winglet atau sayap aerodinamis di motornya. Hal berbeda dirasakan rekan satu timnya, Valentino Rossi.

"Alat ini tidak membuat banyak perubahan. Jelas bahwa alat ini bisa mengurangi wheelie saat keluar dari tikungan. Namun, sisi negatifnya adalah kecepatanmu berkurang saat di lintasan lurus," kata Lorenzo.

Musim ini, Yamaha turun dengan ukuran sayap yang lebih besar dibanding tahun lalu. Pebalap Suzuki, Aleix Espargaro, sempat melontarkan kritik karena ukuran sayap yang terlalu besar bisa membahayakan.

Eespargaro menjalani debutnya memakai winglet saat turun pada sesi latihan bebas kedua, Jumat (22/4/2016). Begitu juga dengan Stefan Bradl dari tim Aprilia.

"Kami harus menganalisis setiap situasi, apakah kami akan memakai atau tidak alat ini. Saat ini, saya memilih untuk memakainya, tetapi kita lihat nanti," kata Lorenzo.

"Saya merasakan manfaat alat ini, sebagai contoh, rekan satu tim saya tidak merasakannya," ujar pebalap Spanyol tersebut.

Rossi pernah mengatakan bahwa tampilan sayap tersebut "jelek" untuk motor. Dia memakai winglet tak sesering Lorenzo sejak musim ini berjalan.

Pada sesi latihan bebas pertama GP Spanyol, Jumat pagi, Rossi memilih tidak memakai winglet. Namun, dia mencobanya pada sesi kedua dan juga pada sesi ketiga.

Penyelenggara MotoGP bertemu pebalap dan tim pada Sabtu (23/4/2016) untuk membicarakan kelanjutan soal winglet, apakah akan dipakai terus atau tidak.

"Saya terbuka untuk keputusan apa pun. Namun, sejujurnya menurut saya, akan lebih baik jika kami tidak memakai sayap," kata Rossi.


Editor : Pipit Puspita Rini
Sumber : Motorsport


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X