Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Kiper Klub Divisi 3 Italia Ini Incar Rekor 'Clean Sheet' Buffon

By Beri Bagja - Kamis, 21 April 2016 | 21:04 WIB
Aksi Giacomo Poluzzi saat memperkuat Fidelis Andria dalam partai Lega Pro.
DOK. GAZZETTAWORLD
Aksi Giacomo Poluzzi saat memperkuat Fidelis Andria dalam partai Lega Pro.

Giacomo Poluzzi (28) menjadi sensasi baru di Italia. Kiper Fidelis Andria, yang merupakan klub Lega Pro atau Divisi 3 Liga Italia, itu mengincar rekor clean sheet milik penjaga gawang Juventus, Gianluigi Buffon (38).

Pada 20 Maret, Buffon resmi membukukan rekor clean sheet alias tak kebobolan terlama dalam sejarah Serie A. Kapten Juventus dan timnas Italia itu menjaga gawangnya tetap steril dalam 974 menit.

Rekor tak kebobolan Buffon hanya lebih lama 226 menit dari catatan milik Poluzzi bersama Fidelis Andria musim ini. Poluzzi, mantan anak gawang di Bologna, telah mencegah gol di liga selama 748 menit terakhir. Pada duel teranyar, Andria mengimbangi Catanzaro 0-0, Sabtu (16/4/2016).

Gol terakhir yang bersarang ke gawang Poluzzi muncul pada 21 Februari saat melawan Akragas. Dia tinggal harus melakoni tiga partai lagi tanpa kebobolan agar melampaui rekor milik Buffon.


Kiper Juventus, Gianluigi Buffon, merayakan gol yang dicetak rekan setimnya, Juan Cuadrado, dalam pertandingan Serie A kontra Torino di Stadion Juventus, Turin, Italia, 31 Oktober 2015.(VALERIO PENNICINO/GETTY IMAGES)

"Di bawah gawang, saya selalu melakukan yang terbaik," ujar Poluzzi mengenai rekor pribadi yang ditorehkannya.

Andai rekor Buffon berhasil dipecahkan, Poluzzi toh masih terpaut jauh dari catatan clean sheet terlama sepanjang sejarah mencakup semua strata kompetisi profesional Italia.

Rekor absolut itu masih dipegang Emmerich Tarabocchia untuk Lecce, yakni 1.791 menit pada Serie C musim 1974-1975.

[video]http://video.kompas.com/e/4854798548001_ackom_pballball[/video]


Editor : Aloysius Gonsaga
Sumber : La Gazzetta dello Sport


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X