Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Alasan Enrique Tak Lakukan Pergantian Pemain

By Nugyasa Laksamana - Senin, 18 April 2016 | 10:23 WIB
Dua bomber FC Barcelona, Luis Suarez (kanan) dan Neymar, tampil selama 90 menit saat menghadapi Valencia, dalam lanjutan La Liga di Camp Nou, Minggu (17/4/2016) waktu setempat.
JOSEP LAGO/AFP
Dua bomber FC Barcelona, Luis Suarez (kanan) dan Neymar, tampil selama 90 menit saat menghadapi Valencia, dalam lanjutan La Liga di Camp Nou, Minggu (17/4/2016) waktu setempat.

Pelatih FC Barcelona, Luis Enrique, tak melakukan pergantian pemain saat timnya dikalahkan Valencia di Camp Nou, Minggu (17/4/2016) waktu setempat. Ada apakah gerangan?

Valencia unggul 2-0 lebih dulu melalui gol bunuh diri Ivan Rakitic (26') dan sepakan Santi Mina (45'+1). Adapun El Barca memperkecil kedudukan lewat gol ke-500 Lionel Messi pada menit ke-63.

Kekalahan ini tentunya mengancam status Barcelona sebagai pemuncak klasemen. Kini, mereka hanya unggul produktivitas gol dan head-to-head atas Atletico Madrid yang menduduki posisi kedua.

Namun, terdapat hal menarik dalam laga tersebut, yakni soal keputusan Enrique yang sama sekali tidak melakukan pergantian pemain.

Padahal, di bangku cadangan terdapat nama-nama seperti Dani Alves, Munir El Haddadi, dan Aleix Vidal yang siap untuk dimainkan.

Di sisi lain, kubu Valencia asuhan Pako Ayestaran justru melakukan tiga pergantian pemain.

Lantas, apa yang menjadi dasar bagi Enrique tidak melakukan pergantian pemain sepanjang 90 menit laga?

"Saya merasa tak adil jika ada salah satu pemain yang diganti, karena mereka semua tampil luar biasa," ujar Enrique seusai laga.

Ucapan Enrique memang ada benarnya. Jika menilik statistik Sport Radar, Barcelona tercatat sanggup mendominasi permainan hingga 72 persen.

Barcelona juga mampu melepaskan tujuh tembakan ke gawang dari 14 percobaan. Selain itu, menurut Whoscored, pemain terbaik pada laga ini berasal dari Barcelona, yakni Messi, dengan nilai 8,5.

Akan tetapi, kekalahan tetap tak terhindarkan. Barcelona pun terpaksa menelan kekalahan yang ketiga secara beruntun di La Liga untuk yang kali pertama sejak Februari 2003.


Editor : Jalu Wisnu Wirajati
Sumber : barcastuff


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X