Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Ini Pesan Juergen Klopp untuk Penggemar Borussia Dortmund

By Lariza Oky Adisty - Jumat, 15 April 2016 | 02:17 WIB
Ekspresi manajer Liverpool FC, Juergen Klopp, dalam pertandingan Premier League 2015-2016 menghadapi Tottenham Hotpsur di Anfield, Liverpool, Inggris, pada 2 April 2016.
MICHAEL REGAN/GETTY IMAGES
Ekspresi manajer Liverpool FC, Juergen Klopp, dalam pertandingan Premier League 2015-2016 menghadapi Tottenham Hotpsur di Anfield, Liverpool, Inggris, pada 2 April 2016.

Pertandingan leg dua babak 8 besar Liga Europa berlangsung satu hari sebelum peringatan ke-27 tragedi Hillsborough. Pelatih Liverpool, Juergen Klopp pun menyelipkkan pesan kepada para penggemar The Kop terkait kejadian tersebut. 

Klopp akan hadir pada acara peringatan tragedi Hillsborough di Anfield, Jumat (15/4/2016).

Pada tulisannya dalam buletin panduan pertandingan, Klopp meminta para pemainnya memberi penghormatan kepada keluarga 96 korban insiden yang terjadi pada 1989 tersebut.

"Topik tentang Hillsborough lebih penting dari semua pertandingan sepak bola. Sebuah kehormatan besar untuk saya hadir ke acara hari Jumat sebagai manajer Liverpool dan duduk, serta mengenal para keluarga korban. Dalam laga melawan Dortmund, kami akan berusaha sebaiknya untuk menghormati mereka, bersama para suporter Liverpool dan Borussia Dortmund," tulis Klopp.

Tragedi Hillsborough terjadi saat Liverpool bermain melawan Nottingham Forest di Stadion Hillsborough, Sheffield, 15 April 1989. Ketika itu, tribun penonton rubuh dan mengakibatkan para penonton jatuh.

Tidak kurang dari 766 orang luka-luka, 95 korban meninggal di tempat, dan satu sisanya meninggal beberapa hari kemudian setelah sempat dirawat. Seluruh korban yang meninggal adalah suporter Liverpool. Laporan resmi pada 1990 menyebutkan penyebab insiden tersebut adalah kelalaian polisi.

Tragedi Hillsborough hingga kini dianggap sebagai salah satu insiden terburuk di dunia sepak bola. Sampai hari ini, para keluarga korban tetap menuntut pengusutan asal-muasal sebenarnya insiden tersebut.

Klopp, yang belum genap setahun menjabat di Anfield pun tahu betul signifikansi Tragedi Hillsborough terhadap Liverpool.

"Saya masih belajar tentang klub ini, serta kota dan budaya Liverpool. Namun saya tahu dampak kejadian tersebut, serta inspirasi yang diberikan para korban, keluarga, serta para penyintas kejadian tersebut untuk klub dan kota Liverpool. Para korban akan selalu dalam ingatan kita, dan kenangan tentang mereka harus selalu menjadi hal terpenting. Sebagai tim dan klub, peran kami adalah mendukung keluarga korban dan penyintas, serta mengenang mereka yang wafat hari itu," ujar Klopp dalam tulisannya.


Editor : Aloysius Gonsaga
Sumber : Metro


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X