Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Van Gaal Ungkap Instruksi Penentu Kemenangan

By Suryo Wahono - Selasa, 5 April 2016 | 07:59 WIB
Para pemain Manchester United saat merayakan gol Marcus Rashford ke gawang Manchester City dalam pertandingan lanjutan Premier league 2015-2016 di Etihad, Manchester, Inggris, pada 20 Maret 2016.
MICHAEL REGAN/GETTY IMAGES
Para pemain Manchester United saat merayakan gol Marcus Rashford ke gawang Manchester City dalam pertandingan lanjutan Premier league 2015-2016 di Etihad, Manchester, Inggris, pada 20 Maret 2016.

 Manchester United menang 1-0 atas Everton di Stadion Old Trafford, Minggu (3/4/2016). Gol kemenangan tim berjulukan Setan Merah itu dicetak oleh Anthony Martial. Namun, manajer Louis van Gaal membeberkan kunci kemenangan utama timnya bukanlah Martial. 

Timothy Fosu-Mensah masuk dari bangku cadangan menggantikan Marcos Rojo pada menit ke-46. Dia lalu menjadi salah satu penentu kemenangan Manchester United atas Everton. Fosu-Mensah memberi umpan matang untuk gol tunggal oleh Anthony Martial.

Apakah hal itu karena kecerdikan Louis van Gaal? Hanya sedikit. Setidaknya, menurut manajer Man United itu sendiri.

Van Gaal mengatakan bahwa peran utama pembawa perubahan di babak kedua  itu adalah si pemain sendiri. Kendati begitu, Van Gaal mengungkap bahwa dia memberi arahan kepada pemain muda United itu untuk mencari celah pertahanan Everton.

Ternyata, Van Gaal telah melihat kelemahan Everton ada di sisi kiri, yaitu posisi Aaron Lennon yang bermain di depan Leighton Baines. Setelah itu, barulah Fosu-Mensah diperintahkan untuk masuk dan mengeksploitasi kelemahan lawan.

[video]http://video.kompas.com/e/4829603837001_ackom_pballball[/video]

Gelandang bertahan berusia 18 tahun asal Belanda itu masuk menggantikan Marcos Rojo saat kedudukan masih 0-0, tetapi delapan menit kemudian langsung mengubah alur permainan dengan memberikan assist kepada Anthony Martial.

"Saya melihat ada ruang kosong di sisi kanan (Man United) dan mengatakan kepada Timothy agar memanfaatkan hal itu. Dan ketika dia melakukannya, ada sedikit keberuntungan buat manajer, tetapi semua apresiasi adalah untuk si pemain, untuk Timothy, bukan untuk manajernya," kata Van Gaal seperti dikutip Manchester Evening News.

[video]http://video.kompas.com/e/4829608286001_ackom_pballball[/video]


Editor : Jalu Wisnu Wirajati
Sumber : Manchester Evening News


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X