Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Rio Haryanto Catat Finis Pertamanya di Formula 1

By Pipit Puspita Rini - Minggu, 3 April 2016 | 23:44 WIB
Pebalap Manor Racing asal Indonesia, Rio Haryanto, memacu mobilnya pada sesi kualifikasi GP Bahrain di Sirkuit Internasional Bahrain, Sabtu (2/4/2016).
MANOR RACING
Pebalap Manor Racing asal Indonesia, Rio Haryanto, memacu mobilnya pada sesi kualifikasi GP Bahrain di Sirkuit Internasional Bahrain, Sabtu (2/4/2016).

Pebalap Indonesia, Rio Haryanto, berhasil menyelesaikan 57 lap balapan GP Bahrain, Minggu (3/4/2016). Pebalap Manor Racing tersebut menutup persaingan di Sirkuit Internasional Bahrain tersebut dengan finis di urutan ke-17.

Lap pertama balapan sudah diwarnai insiden ketika mobil Valtteri Bottas (Williams) menabrak Lewis Hamilton (Mercedes). Kedua pebalap bisa melanjutkan balapan.

Bottas dinilai jadi penyebab insiden dan harus menjalani hukuman melewati pit lane. Pebalap Finlandia tersebut menjalani hukumannya setelah menyelesaikan lap ke-9.

Pebalap Ferrari, Sebastian Vettel, bahkan tidak sempat memulai balapan karena masalah pada mesin. Begitu juga dengan Jolyon Palmer dari tim Renault.

Ketika Nico Rosberg (Mercedes), Kimi Raikkonen (Ferrari), dan Hamilton memimpin di depan, persaingan ketat terjadi di tengah dan belakang.

Pergeseran posisi terjadi dengan cepat. Rio sempat naik ke urutan ke-9, kemudian tergeser ke urutan ke-17 setelah melakukan pit stop.

Rekan satu timnya, Pascal Wehrlein, sempat bersaing dengan dua pebalap Sauber, Felipe Nasr dan Marcus Ericsson, dalam perebutan tempat ke-10.

Ketika balapan tersisa 20 putaran, Wehrlein bertahan di urutan ke-12, sementara Rio di posisi ke-17.

Wehrlein melakukan pit stop ketiga pada lap ke-41 dan kembali ke lintasan di posisi ke-16, tepat di depan Rio. Di depan dua rookie tersebut, ada dua pebalap Force India, Nico Hulkenberg dan Sergio Perez.

Rio melakukan pit stop ketiganya pada lap ke-46 dan berganti ban supersoft. Dua lap berikutnya, Wehrlein naik ke posisi ke-14.


Editor : Pipit Puspita Rini
Sumber : Formula 1, Manor Racing


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X