Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Karena Insiden Scott Redding, Michelin Tarik Ban Belakang

By Pipit Puspita Rini - Minggu, 3 April 2016 | 05:57 WIB
Pebalap Octo Pramac asal Inggris, Scott Redding, memacu motornya pada sesi latihan bebas pertama GP Argentina di Sirkuit Termas de Rio Hondo, Jumat (1/4/2016).
MIRCO LAZZARI/GETTY IMAGES
Pebalap Octo Pramac asal Inggris, Scott Redding, memacu motornya pada sesi latihan bebas pertama GP Argentina di Sirkuit Termas de Rio Hondo, Jumat (1/4/2016).

Michelin memutuskan untuk menarik kedua jenis ban belakang yang disiapkan untuk balapan GP Argentina di Sirkuit Termas de Rio Hondo, Minggu (3/4/2016).

Keputusan tersebut diambil menyusul insiden cukup menakutkan yang dialami pebalap Octo Pramac asal Inggris, Scott Redding, saat menjalani sesi latihan bebas keempat, Sabtu (2/4/2016).

Ketika sesi 30 menit tersebut baru berjalan sekitar sepertiganya, tiba-tiba ban belakang medium yang dipakai Redding terkelupas dan banyak serpihan betertabangan.

Sesi pun sempat dihentikan dua kali kaena alasan keselamatan bagi pebalap.

Michelin memutuskan menarik ban belakang berkompon hard dan mediun yang sudah mereka siapkan dan menggantinya dengan ban medium dengan konstruksi yang lebih kaku.

"Alasan penarikan dua ban yang sebelumnya karena keduanya memiliki konstruksi sama, yang berarti ada kemungkinan terjadi kesalahan pada ban dengan kompon lebih keras," demikian pernyataan dari Michelin.

Ban belakang baru tersebut akan diperkenalkan pada Minggu pagi waktu setempat saat para pebalap akan menjalani sesi pemanasan.

Para pebalap punya kesempatan untuk mendapatkan setelan terbaik motor mereka dengan ban baru tersebut. Sesi pemanasan yang normalnya berjalan 20 menit akan berubah menjadi 50 menit.

Insiden yang dialami Redding ini sedikit mengingatkan pada kejadian yang menimpa Loris Baz (Avintia) pada tes pramusim di Sirkuit Sepang, Malaysia.

Karena ada kesalahan pada ban belakangnya, motor Baz melaju cepat tak terkendali dan akhirnya terjatuh dengan keras. Baz tidak mendapat cedera.


Editor : Pipit Puspita Rini
Sumber : crash.net


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X