Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Jelang El Clasico, Senyuman Barcelona Sedikit Lebih Lebar

By Sabtu, 2 April 2016 | 11:25 WIB
Munir El Haddadi (dua dari kanan) merayakan gol kedua dengan rekan setimnya  saat pertandingan La Liga antara FC Barcelona dan Getafe CF di Camp Nou tanggal 12 Maret 2016 di Barcelona, Spanyol.
DAVID RAMOS/GETTY IMAGES
Munir El Haddadi (dua dari kanan) merayakan gol kedua dengan rekan setimnya saat pertandingan La Liga antara FC Barcelona dan Getafe CF di Camp Nou tanggal 12 Maret 2016 di Barcelona, Spanyol.

Virus FIFA, atau sebutan yang biasa diberikan para pelatih klub saban pemain-pemain pilarnya mendapat pemanggilan ke timnas masing-masing, tak pernah bisa dihindari. Disebut virus karena tak jarang ada di antara mereka yang kembali dalam belitan cedera.

Penulis: Sapto Haryo Rajasa

Klub besar biasanya dihuni pemain-pemain besar. Setidaknya, pemain berkaliber timnas. Persentase pemain timnas bahkan bisa mencapai 75 persen dari total skuat utama sebuah klub.

Tim multinasional seperti Chelsea, Arsenal, Manchester United, Liverpool FC, atau Bayern Muenchen cukup sering terserang virus FIFA. Begitu pula dengan FC Barcelona dan Real Madrid di Spanyol.

Untuk jeda kompetisi kali ini, yang memfasilitasi laga uji coba bagi tim-tim Eropa dan laga kualifikasi Piala Dunia 2018 untuk zona Conmebol, Barca dan Madrid menyertakan cukup banyak personel.

Real Madrid mengirim 12 pemain, yakni Isco, Nacho, dan Sergio Ramos (Spanyol), Cristiano Ronaldo dan Pepe (Portugal), Luka Modric dan Mateo Kovacic (Kroasia), Raphael Varane (Prancis), Toni Kroos (Jerman), James Rodriguez (Kolombia), Danilo (Brasil), dan Keylor Navas (Kosta Rika).


Kapten timnas Portugal, Cristiano Ronaldo (kanan), melepaskan tembakan di antara kepungan pemain Bulgaria dalam laga uji coba di Leiria, 25 Maret 2016.(FRANCISCO LEONG/AFP)

Sementara itu, Barcelona mewakilkan 18 penggawa.

Mereka adalah Sergio Busquets, Gerard Pique, Jordi Alba, Marc Bartra, dan Sergi Roberto (Spanyol), Lionel Messi dan Javier Mascherano (Argentina), Claudio Bravo (Cile), Neymar dan Dani Alves (Brasil), Ivan Rakitic (Kroasia), Marc-Andre ter Stegen (Jerman), Arda Turan (Turki), Thomas Vermaelen (Belgia), Luis Suarez (Uruguay), Rafinha (Tim Olimpiade Brasil), Jeremy Mathieu (Prancis), dan Munir El Haddadi (Spanyol U-21).

Seluruh pemain ini memiliki jadwal merumput yang berbeda. Sebagian ada yang sudah selesai bertugas pada Sabtu (26/3/2016) dan Ahad (27/3/2016).

Namun, ada yang masih harus membela timnasnya di hari Selasa (29/3/2016) dan bahkan Rabu (30/3/2016).

Artinya, mereka yang baru sampai di Spanyol pada hari Kamis hanya memiliki satu setengah hari untuk menjalani sesi latihan resmi tim.

Satu sesi di Kamis sore dan dua sesi di Jumat pagi dan sore. Sungguh kurang ideal mengingat mereka akan terlibat dalam duel sengit el clasico.


Editor : Beri Bagja
Sumber : Tabloid BOLA No.2.660


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X