Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Bukan Guardiola, Ini Pelatih Paling Berjasa bagi Karier Messi

By Wisnu Nova Wistowo - Selasa, 29 Maret 2016 | 12:23 WIB
Ikon Barcelona, Lionel Messi, merayakan gol yang dia cetak ke gawang Arsenal dalam laga leg kedua babak 16 besar Liga Champions di Stadion Camp Nou, Barcelona, Spanyol, 16 Maret 2016.
PAU BARRENA/AFP
Ikon Barcelona, Lionel Messi, merayakan gol yang dia cetak ke gawang Arsenal dalam laga leg kedua babak 16 besar Liga Champions di Stadion Camp Nou, Barcelona, Spanyol, 16 Maret 2016.

Lionel Messi (28) mengungkapkan sosok pelatih yang dianggap paling berjasa dalam kariernya. Pelatih itu ternyata bukan Pep Guardiola, melainkan Frank Rijkaard.

Messi mendapatkan kesempatan untuk memulai karier emasnya saat Barcelona ditangani pelatih asal Belanda itu pada 2004.

Di bawah asuhan Rijkaard, Barcelona berhasil memenangi dua gelar La Liga dan gelar kedua Liga Champions dalam sejarah klub selama lima tahun ia menukangi tim berjulukan Blaugrana itu.

Karier Messi memang meroket cepat saat Barcelona ditangani Pep Guardiola.

Total 14 gelar yang berhasil dipersembahkan kombinasi Guardiola-Messi termasuk dua gelar Liga Champions selama empat tahun di klub asal Katalan tersebut.

Menuai sukses besar bersama pelatih yang sekarang menangani Bayern Muenchen itu, tak membuatnya menjadi sosok pelatih terpenting bagi karier Messi.

Ayah dari Thiago ini hingga sekarang sangat bersyukur atas kesempatan yang diberikan Rijkaard semasa di Barcelona.

Baca Juga: 

"Semua pelatih yang pernah menangani saya sudah memberikan dan meninggalkan sesuatu buat saya. Namun, pelatih terpenting dalam karier saya adalah Rijkaard," ucap Messi seperti dilansir ESPN.

"Jika ia tidak memutuskan saya bergabung dengan tim utama untuk berlatih, mungkin saya tak pernah memperkuat tim utama," ujar pemain terbaik dunia asal Argentina itu.


Editor : Firzie A. Idris
Sumber : ESPN


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X