Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Persembahan dari Afellay untuk Cruyff

By Nugyasa Laksamana - Sabtu, 26 Maret 2016 | 10:30 WIB
Pemain Belanda, Ibrahim Afellay, saat tampil pada laga persahabatan kontra Prancis di Amsterdam Arena, Jumat (25/3/2016) waktu setempat.
AFP
Pemain Belanda, Ibrahim Afellay, saat tampil pada laga persahabatan kontra Prancis di Amsterdam Arena, Jumat (25/3/2016) waktu setempat.

Ibrahim Afellay melakukan selebrasi dengan mengangkat dua telunjuknya ke udara, seolah-olah menunjuk ke surga. Hal itu dilakukan dia untuk menghormati mendiang Johan Cruyff.

Cruyff meninggal dunia pada Kamis (24/3/2016) akibat kanker paru-paru yang dideritanya. Legenda sepak bola dunia itu sudah menginspirasi banyak pesepak bola, terutama di Belanda.

Salah satunya adalah Afellay. Pemain Stoke City itu sangat mengagumi Cruyff.

"Dia mempunyai makna besar bagi saya," ujar Afellay seusai laga persahabatan antara Belanda dan Perancis.

"Saya sempat bertemu dengan dia beberapa kali. Cruyff merupakan sosok sangat spesial. Dia sangat menginspirasi," kata mantan pemain PSV Eindhoven dan Barcelona ini.

Menurut Afellay, Cruyff selalu berusaha menyatukan pemain tanpa batasan. Dia tidak melihat asal-usul maupun warna kulit pemain.

"Dia menjadi contoh dalam setiap langkah. Saya tak punya cukup kata-kata untuk melukiskan sosok terbaik itu," ucap Afellay.

Afellay mencetak gol penyama kedudukan Belanda pada laga yang berkesudahan 3-2 untuk kemenangan Perancis itu.

Bermain di Amsterdam ArenA, Perancis unggul 2-0 lebih dulu pada awal babak pertama melalui Antoine Griezmann dan Olivier Giroud.

Setelah gol Giroud, tepatnya pada menit ke-14, dilakukan acara mengheningkan cipta untuk mengenang Cruyff. Menit ke-14 dipilih merujuk pada nomor kostum kebesaran Cruyff.

Pada babak kedua, Belanda bisa menyamakan kedudukan melalui Luuk de Jong dan Afellay. Namun, gol Blaise Matuidi pada pengujung laga memastikan Perancis sebagai pemenang pada laga ini.


Editor :
Sumber : De Telegraaf


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X