Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

'Tidak Usah Buru-buru Orbitkan Rashford'

By Lariza Oky Adisty - Jumat, 25 Maret 2016 | 16:10 WIB
Striker muda Manchester United, Marcus Rashford (tengah), saat melakukan pemanasan jelang pertandingan menghadapi Watford dalam lanjutan Premier League 2015-2016 di Old Trafford, Manchester, Inggris, pada 2 Maret 2016.
LAURENCE GRIFFITHS/GETTY IMAGES
Striker muda Manchester United, Marcus Rashford (tengah), saat melakukan pemanasan jelang pertandingan menghadapi Watford dalam lanjutan Premier League 2015-2016 di Old Trafford, Manchester, Inggris, pada 2 Maret 2016.

Pelatih tim nasional Inggris U-21, Gareth Southgate, menganggap pemain belia Manchester United, Marcus Rashford (18) tidak seharusnya cepat-cepat dipanggil membela tim nasional senior The Three Lions. Southgate khawatir Rashford justru kesulitan jika dipromosikan terlalu cepat. 

Southgate berpendapat, Rashford harus lebih dulu membuktikan dirinya di level tim junior.

"Pemain-pemain terbaik dunia lebih dulu memperkuat tim junior dan membuktikan diri di sana. Pemain muda bisa kesulitan kalau naik level terlalu cepat ke tim nasional senior. Kalau sudah begitu,  mereka harus kembali ke timnas junior. Situasi seperti itu biasanya lebih sulit dihadapi," kata mantan pemain Aston Villa tersebut.

Rashford melakukan debut untuk Manchester United saat Red Devils menaklukkan FC Midtjylland 5-1 pada leg 2 babak 32 Besar Liga Europa, 25 Februari lalu.

Pemuda kelahiran 31 Oktober 1997 tersebut kini sudah tampil 8 kali untuk Manchester United, dan mencetak lima gol.

Terakhir, Rashford mencetak gol tunggal kemenangan Man United atas Manchester City pada pertandingan Premier League di Etihad Stadium, Minggu (20/3/2016).

Performa apik tersebut menimbulkan wacana di beberapa media Inggris bahwa Roy Hodgson, pelatih tim nasional Inggris, patut mempertimbangkan Rashford untuk ikut ke Piala Eropa 2016 pada Juni mendatang.

Ketimbang terburu-buru 'naik kelas', Southgate menyarankan Rashford menikmati debutnya sebagai pemain profesional.

"Sekarang mungkin Rashford merasakan hal yang berbeda karena dia baru saja mencetak gol kemenangan di Derbi Manchester. Namun, bisa saja, suatu saat dia harus kembali ke tim Manchester United U-21, dan itu proses yang sulit untuk dia jalani. Jangan menambah bebannya," tutur Southgate.

Apalagi, menurut sosok yang pernah 57 kali memperkuat Inggris tersebut, skuad Inggris untuk Piala Eropa 2016 sudah cukup solid.


Editor : Jalu Wisnu Wirajati
Sumber : BBC Sport


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X